Advertisement

Ini Rentetan Aksi Hacker Bjorka

Khadijah Shahnaz
Senin, 12 September 2022 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Rentetan Aksi Hacker Bjorka Ilustrasi peretasan - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rentetan aksi peretas atau hacker Bjorka menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir di Indonesia.

Bjorka telah melakukan serangan siber terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan pelat merah, hingga pejabat negara seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bjorka merupakan akun yang telah membocorkan data Indihome, data registrasi SIM card hingga data pelanggan MyPertamina.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, aksi Bjorka ini selalu muncul di forum hacker BreachForums yang membocorkan data dari lembaga pemerintah atau lembaga plat merah di Indonesia. 

Ini Daftar Aksi Hacker Bjorka di Indonesia

1. Data IndiHome

Sebanyak 26 juta data pelanggan IndiHome bocor dan masuk situs gelap dengan beragam data berisikan histori browsing antara lain tanggal, kata kunci, domain, platform, browser, URL, kata kunci di Google dan lokasi. Peretas mengaku mendapatkan data-data tersebut dari peretasan pada Agustus 2022.

2. Data SIM Card

Sebanyak 1,3 miliar dengan kapasitas 87GB data registari SIM Card diduga dibocorkan oleh Bjorka pada 31 Agustus 2022. Bjorka juga menyertakan sampel data sebanyak 2GB. Adapun data tersebut dihargai senilai US$50.000 atau setara Rp743,5 juta.

3. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Belum lama ini, Bjorka juga membocorkan sejumlah data yang diduga milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tepatnya pada Rabu (7/9/2022) unggahan berjudul Indonesia Citizenship Database From KPU 105M muncul di situs BreachForum.

Bjorka mengeklaim memiliki 105.003.428 juta data penduduk Indonesia dengan detail mulai dari NIK, Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, umur, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Subsidi Program Biodiesel Dinilai Untungkan Korporasi Besar

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement