Advertisement

23 Ton Sampah Ruang Angkasa Milik China Bakal Jatuh ke Bumi dalam Waktu Dekat

Hesti Puji Lestari
Kamis, 03 November 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
23 Ton Sampah Ruang Angkasa Milik China Bakal Jatuh ke Bumi dalam Waktu Dekat Ilustrasi sampah ruang angkasa. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sampah ruang angkasa seberat 23 ton milik China berpotensi jatuh ke bumi dalam waktu dekat.

Yang semakin membuat waswas, sampai saat ini belum diketahui lokasi mana yang akan menjadi tempat jatuhnya sampah ruang angkasa tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dilansir dari Space.comBadan Antariksa Berawak China (CSMA) baru saja meluncurkan modul roket ketiga dan terakhir dari stasiun ruang angkasa Tiangong pada 31 Oktober 2022 kemarin.

Modul ini mereka luncurkan di atas roket Long March 5B. Namun sayangnya, China melakukan kesalahan yang sama seperti sebelumny,

Seperti peluncuran Long March 5B sebelumnya, China tidak melakukan deorbit terkontrol dari tahap inti roket setelah muatannya dikerahkan.

Itu berarti badan roket China seberat 23 ton tersebut akan jatuh ke Bumi di atas lokasi yang belum ditentukan dalam beberapa hari mendatang.

Pada bulan Juli, antara 5,5 ton hingga 9,9 ton Long March 5B dilaporkan jatuh ke Samudera Hindia setelah selamat dari kejatuhan melalui atmosfer bumi. 

Long March 5B lainnya juga pernah jatuh ke Samudra Hindia pada April 2021 setelah badan antariksa China tidak melakukan deorbit yang terkontrol dalam peluncuran tersebut.

Dan pada tahun 2020, setelah peluncuran debut roket, potongan-potongan tahap inti kendaraan dilaporkan mendarat di Pantai Gading.

Kebanyakan roket dirancang sedemikian rupa sehingga tahap inti mereka masuk ke laut atau di atas tanah kosong tak lama setelah lepas landas, atau kembali ke Bumi untuk pendaratan yang aman.

Tetapi tahap inti Long March 5B mencapai orbit, dan Cina membiarkannya tetap naik sampai drag menurunkannya dengan cara yang tidak terkendali sehingga wilayah tempat jatuhnya belum bisa diprediksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20 Kelompok Seni Tradisional Ramaikan Kirab Cap Go Meh di Kota Magelang

News
| Senin, 06 Februari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement