Advertisement

Hyundai Bikin Mobil yang Berjalan seperti Kepiting

Anshary Madya Sukma
Rabu, 11 Januari 2023 - 07:27 WIB
Jumali
Hyundai Bikin Mobil yang Berjalan seperti Kepiting Logo Hyundai - Ist/Car Logos

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pengembang teknologi Hyundai Motor Group, Hyundai mobility beyond integrated solution (Mobis) memperkenalkan inovasi mobil yang bisa berjalan lurus horizontal seperti kepiting.

BACA JUGA: Hyundai Ioniq 5 Sabet Gelar World Car of The Year

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dikutip carscoops pada Selasa (10/1/2023), Hyundai Mobis menerapkan teknologi prototipe ini pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang sudah dilengkapi dengan empat modul e-corner. Modul ini memungkinkan roda berputar hingga 90 derajat dan ini memberikan kemampuan manuver pada kendaraan, dan inovasi teknologi ini disebut dengan crab driving. 

Hal ini memungkinkan kendaraan untuk melakukan perjalanan dari sisi ke sisi, bukan hanya maju dan mundur, yang artinya inovasi ini akan memudahkan pengemudi dalam urusan parkir.

“Kemajuan teknologi kami menuju mobilitas masa depan melibatkan lebih dari sekadar memasok suku cadang. Ini memerlukan penyediaan platform terintegrasi, yang menghubungkan perangkat lunak dan perangkat keras secara sistematis, ”kata CEO Hyundai Mobis Cho Sung-hwan dikutip koreanherald.com, Selasa (10/1/2022).

Tak hanya jalan kepiting, mobil ini juga dapat bergerak 'Diagonal Driving' dengan keempat roda akan berputar sekitar 30 derajat lalu bergerak dari sudut ke sudut yang membentuk garis diagonal.

Adapun, sistem e-Corner itu dapat membuat roda mobil belakang bergerak dan roda depan menjadi tumpuan untuk menggeser bagian belakang mobil ke kiri maupun ke kanan, pergerakan ini disebut dengan Pivot Turn.

Sementara itu, modul terakhir disebut dengan Zero Turn yang di mana mode ini dapat membuat roda bergerak pada sudut sekitar 45 derajat untuk memungkinkan kendaraan berputar sekitar 360 derajat.

Tentunya, apabila gerakan-gerakan mobil di atas sudah diaplikasikan pada mobil produksi massal maka ini akan menjadi inovasi impian para pengemudi.

Ke depan, Hyundai Mobis akan menerapkan sistem e-Corner yang dirancang untuk kendaraan hybrid, mobil listrik murni atau BEV dan kendaraan hidrogen (FCEV).

Sebagai informasi, beragam inovasi sudah dirancang Hyundai Mobis dalam konsepmodul e-corner yang menggabungkan sistem kemudi, pengereman, suspensi, dan penggerak ke setiap roda.

Hyundai Mobis telah bermain-main dengan ide tersebut selama lebih dari 5 tahun sebagai sebuah konsep yang memulai debutnya di CES pada 2018 dan teknologinya telah berkembang sejak saat itu.

Tujuan utama konsep ini untuk melihat modul e-corner dipasang di model produksi, yang dapat dengan anggun menavigasi tempat yang sempit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Buka Opsi Penggunaan Jilbab untuk Pramugari

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement