Advertisement

Tips Beli Mobil SUV bagi Pemula

Jumali
Rabu, 15 Februari 2023 - 07:37 WIB
Jumali
Tips Beli Mobil SUV bagi Pemula Model berfoto di samping Nissan Terra. - Bisnis Indonesia/YSU

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini menjadi idola. Bahkan, angka penjualannya terus meningkat. Hal ini dikarenakan selama ini SUV dinilai memiliki sejumlah kelebihan yang cocok untuk kondisi jalan di Indonesia.

BACA JUGA: Tips Beli Mobil Baru

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Dikutip dari laman Suzuki, Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan dari segi desain, SUV pada umumnya dirancang dengan desain eksterior yang gagah dan elegan. Sedangkan untuk meningkatkan daya tarik pelanggan, kini banyak SUV yang hadir dengan kapabilitas dan kualitas berkendara yang lebih baik, fitur dan teknologi yang fungsional, interior nyaman, peningkatan perangkat keselamatan serta semakin ramah lingkungan.

Donny menambahkan, berikut hal yang patut dipertimbangkan ketika hendak memilih SUV sebagai kendaraan kebanggaan:

Dimensi yang pas dengan design sporty

Ada beberapa kategori dan dimensi yang dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan yang hendak memiliki SUV. Pada umumnya SUV dapat dibedakan dari kategori 2 baris dan 3 baris tempat duduk, selain itu secara dimensi SUV memiliki rentang yang cukup lebar seperti compact, small, medium dan large. Pemilihan dimensi SUV disesuaikan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan seperti design yang sporty, kapasitas penumpang, luas bagasi serta kenyamanan. Belakangan ini, tren dan minat masyarakat terhadap medium SUV pun semakin bertumbuh tinggi. Berdasarkan data Gaikindo selama tahun 2022, medium SUV mampu memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap total penjualan mobil di Indonesia

Mesin responsif dan semakin ramah lingkungan

Awalnya SUV dikenal sebagai kendaraan yang memiliki mesin berkapasitas besar dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Akan tetapi seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan yang menuntut SUV sebagai urban cruiser, para engineer mengembangkan mesin yang tidak lagi yang besar melainkan mesin yang kompak dan beralih ke efisiensi bahan bakar agar semakin ramah lingkungan. Kecanggihan teknologi yang di sematkan pada produk SUV menunjang perjalanan dalam kota serta tetap menghasilkan tenaga yang responsif dan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Ground clearance tinggi, menambah keyakinan

Umumnya pelanggan memilih SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk menambah keyakinan berkendara saat menghadapi lintasan jalan yang tidak menentu dan kurang baik. Selain itu, tingginya ground clearance juga akan menunjang penampilan sebuah SUV agar terlihat semakin gagah dan berkarakter. Kenyamanan yang seimbang di medan aspal maupun offroad ringan juga menjadi penentuan penting bagi pelanggan untuk membuat pengalaman perjalanan semakin berkesan.

Teknologi keamanan dan keselamatan memadai untuk memberikan ketenangan

Pendapat tentang SUV adalah mobil yang aman perlu dibuktikan dengan penyediaan kelengkapan yang memadai. Rancang bangun sebuah SUV yang baik akan mementingkan kekuatan konstruksi serta dipadukan dengan perangkat keselamatan untuk memberikan perlindungan bagi pengendara dan penumpangnya, selain itu pemanfaatan teknologi untuk kestabilan berkendara juga menjadi perhatian penting.

Reputasi brand

Di luar dari keunggulan teknis mobil, hal yang tidak kalah penting bagi pelanggan adalah nama besar dan reputasi sebuah brand otomotif yang telah berpengalaman dan piawai dalam menciptakan sebuah SUV yang baik.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelaku Pelecehan Seksual di Tempat Kerja Bisa Dipecat, Cek Aturannya

News
| Sabtu, 10 Juni 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Unik, Ternyata Bekas Bangunan Stasiun Megah

Wisata
| Jum'at, 09 Juni 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement