Advertisement

Bisa Meluncur Secepat 'Kilat', Ini 10 Kereta Tercepat di Dunia,

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 Februari 2023 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Bisa Meluncur Secepat 'Kilat', Ini 10 Kereta Tercepat di Dunia, Shinkansen alias kereta supercepat - Ilustrasi/en.wikipedia.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Kereta merupakan salah satu transportasi yang sudah lama digunakan di seluruh dunia.

Teknologinya pun sudah kian canggih, hingga ada beberapa kereta dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 400 mil per jam (600 kilometer per jam) saat ini!

Advertisement

Dilansir dari thetravel, kereta cepat kilat ini berasal dari seluruh dunia, termasuk negara-negara seperti Jepang, Prancis, dan China.

Berikut daftar 10 kereta cepat dengan kecepatan kilat yang ada di seluruh dunia.

1. Shinkansen – Jepang

Shinkansen adalah nama yang biasa diberikan untuk kereta peluru Jepang, yang merupakan sistem rel berkecepatan tinggi yang mampu mencapai kecepatan hingga 320 kilometer per jam (200 mph). Ini adalah perjalanan kereta terpanjang di Jepang.

Tahun 1964 adalah tahun pembukaan jalur Shinkansen pertama, dan sejak saat itu, jaringan tersebut telah berkembang menjadi 12 jalur dan jalur sepanjang 2.731 kilometer (1.699 mil).

Shinkansen adalah kereta peluru yang melakukan perjalanan ke seluruh Jepang dan membawa lebih dari 400 juta orang setiap tahun. Ini terkenal dengan keandalan, ketepatan waktu, dan keamanannya. Satu fakta yang perlu diketahui - tidak sopan berbicara di kereta api Jepang.

2. Talgo 350 – Spanyol

Talgo 350 adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Spanyol. Ia mampu mencapai kecepatan hingga 350 km/jam (217 mph). Kereta tersebut diperkenalkan pada tahun 2005 dan saat ini dioperasikan oleh operator kereta api nasional Spanyol, Renfe.

Talgo 350 telah digunakan di beberapa rute di Spanyol, termasuk jalur rel kecepatan tinggi Madrid–Barcelona. Pada tahun 2012, Talgo 350 mencetak rekor dunia baru untuk perjalanan rel kecepatan tinggi tanpa henti terpanjang saat menempuh jarak 1.638 km (1.016 mil) antara Madrid dan Malaga tanpa henti.

3. ICE 3 – Jerman

ICE 3 dapat melaju hingga 320 km/jam (200 mph). ICE 3 diperkenalkan pada tahun 1999 dan telah beroperasi secara reguler sejak tahun 2000. ICE 3 adalah multi unit listrik berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh Deutsche Bahn.

Kecepatannya bisa mencapai 320 km/jam (200 mph). Kereta ini mulai beroperasi pada tahun 1999 dan beroperasi secara reguler sejak tahun 2000. Kereta ini menggunakan sistem pantograf dan rel ketiga untuk suplai tenaga. Kereta ini memiliki internet nirkabel, AC, dan kursi yang dapat direbahkan untuk perjalanan kereta yang nyaman di Eropa.

4. AVE – Spanyol

AVE adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Spanyol. Ia mampu mencapai kecepatan hingga 350 km/jam (217 mph). AVE diperkenalkan pada tahun 1992 dan telah dioperasikan oleh perusahaan kereta api milik negara Renfe sejak saat itu.

Jaringan AVE terdiri dari jalur sepanjang lebih dari 3.000 km (1.864 mil), menjadikannya jaringan rel kecepatan tinggi terpanjang di Eropa. AVE menghubungkan kota-kota besar di Spanyol seperti Madrid, Barcelona, Valencia, dan Sevilla. Ini juga menawarkan layanan internasional ke Prancis dan Portugal.

5. AGV Italo – Italia

AGV Italo adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Italia. Set kereta dirancang oleh Alstom dan saat ini dioperasikan oleh NTV. Telah melayani pendapatan sejak April 2012 dan memegang gelar kereta operasional tercepat di Italia.

AGV Italo dapat mencapai kecepatan hingga 360 km/jam (224 mph), menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Set kereta terdiri dari delapan gerbong, dengan empat gerbong ditenagai oleh motor listrik. AGV Italo menggunakan jalur pengukur Iberia, yang lebih lebar dari jalur pengukur standar.

6. Frecciarossa 1000 – Italia

Frecciarossa 1000 adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Jaringan Rel Berkecepatan Tinggi Italia. Kereta ini dioperasikan oleh Trenitalia dan dapat mencapai kecepatan hingga 400 km/jam (250 mph). Frecciarossa 1000 mulai beroperasi pada tahun 2015 dan merupakan penerus kereta Frecciarossa yang lebih tua.

Frecciarossa 1000 memberikan peningkatan signifikan dibandingkan kereta Frecciarossa yang lebih tua. Kereta baru ini mampu mencapai kecepatan lebih tinggi dan memiliki interior yang lebih nyaman. Bagian luar kereta juga telah diperbarui dan kini menampilkan desain yang ramping dan modern.

7. Kereta Maglev Shanghai – China

China menjalankan kereta api levitasi magnetik berkecepatan tinggi yang dikenal sebagai Kereta Maglev Shanghai. Kereta Maglev Shanghai adalah kereta tercepat di dunia.

Kereta ini memiliki kecepatan tertinggi 430 km/jam dan dapat menempuh jarak 30 km antara Bandara Internasional Pudong Shanghai dan stasiun Jalan Longyang hanya dalam 8 menit. Kereta Maglev Shanghai ditenagai oleh magnet yang melayang di atas lintasan, menghilangkan gesekan dan memungkinkan kecepatan tinggi.

Kereta menggunakan motor linier untuk menggerakkannya ke depan, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak yang bersentuhan dengan lintasan. Hal ini membuat perjalanan menjadi sangat mulus dan tenang.

8. CRH380A – China

CRH380A adalah kereta listrik multi unit (EMU) berkecepatan tinggi yang dikembangkan oleh CSR Corporation Limited dan dioperasikan di Tiongkok. Dengan kecepatan tertinggi 380 km/jam (236 mph), EMU saat ini menjadi KRL operasional tercepat di dunia.

Batch pertama kereta CRH380A dikirim ke Kereta Api Berkecepatan Tinggi Beijing–Shanghai pada tahun 2011 dan memasuki layanan pendapatan di jalur tersebut pada tahun 2011. Hingga tahun 2019, total 577 rangkaian kereta CRH380A telah dibangun dan dioperasikan di berbagai ketinggian -garis kecepatan di Cina.

9. TGV – Prancis

TGV adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Prancis. Ini adalah kereta tercepat di dunia, mencapai kecepatan hingga 320 km/jam (200 mph). TGV telah beroperasi sejak 1981 dan telah mengangkut lebih dari 1 miliar penumpang.

TGV dioperasikan oleh perusahaan kereta api nasional Prancis, SNCF. Ini berjalan pada jalur khusus berkecepatan tinggi dan juga pada jalur konvensional. Jaringan TGV terdiri dari trek sepanjang lebih dari 2.000 km (1.243 mil). Selain kecepatannya, TGV juga dikenal dengan kenyamanan dan kehandalannya. Ini memiliki catatan keamanan yang baik dan dianggap sebagai salah satu bentuk transportasi teraman.

10. Siemens Velaro E/AVs 103 - Spanyol

Siemens Velaro adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di beberapa jalur rel berkecepatan tinggi di seluruh dunia. Kereta ini diproduksi oleh Siemens AG dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. Velaro dapat mencapai kecepatan hingga 350 km/jam (217 mph), menjadikannya salah satu kereta tercepat yang beroperasi saat ini.

Velaro telah digunakan di beberapa jalur rel kecepatan tinggi, termasuk AVE di Spanyol, ICE di Jerman, dan TGV di Prancis. Selain kecepatannya yang tinggi, Velaro juga menawarkan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi, menjadikannya pilihan populer bagi penumpang yang melakukan perjalanan jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement