Advertisement

Catat! Ini Harga dan Rute Favorit Sleeper Bus

Sirojul Khafid
Kamis, 23 Februari 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
Catat! Ini Harga dan Rute Favorit Sleeper Bus Foto ilustrasi bus. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat semakin melirik sleeper bus sebagai alternatif transportasi. Dibanding tipe bus yang hanya bisa sedikit menyenderkan badan, dalam sleeper bus, penumpang bisa mengambil posisi tidur.

Dalam perjalanannya, pengusaha bus berupaya menarik penumpang dengan berbagai cara, termasuk memunculkan fasilitas sleeper bus. Berdasarkan pencarian sleeper bus di Google Trend, tren pencarian naik secara signifikan hingga 4 kali lipat dibandingkan antara tahun 2021 dan 2022. Hal ini juga sejalan dengan tren pencarian bus di aplikasi Pegipegi tahun 2022 lalu yang meningkat pesat hingga lebih dari 200 persen dibandingkan tahun 2021.

Advertisement

Fasilitas sleeper bus tidak lagi hanya kursi yang nyaman, selimut, AC, dan media hiburan saja, tetapi sekarang telah hadir tipe bus yang memungkinkan penumpang untuk tidur dengan nyaman seperti halnya berbaring di tempat tidur.

BACA JUGA : Sleeper Bus Sedang Diminati Banyak Orang

Sleeper bus menawarkan pelayanan kelas satu dengan konsep kursi yang lebih private dan memiliki ruang lebih luas. Selain itu, kursi di sleeper bus dapat direbahkan 190 derajat hingga datar seperti alas tidur. Tidak ketinggalan, disediakan juga bantal dan selimut.

Di Indonesia, sleeper bus termasuk salah satu jenis bus tingkat atau double decker (DD) yang eksklusif. Tinggi bus kurang lebih 4,15 meter dengan ukuran yang luas dan memiliki dek bertingkat yang dihubungkan melalui tangga.

Kapasitas tempat duduknya tidak banyak, yaitu sebanyak 20–22 seats saja. Pada aplikasi Pegipegi, harga Sleeper bus mulai dari Rp280.000 hingga Rp560.000 untuk sekali perjalanan.

Bepergian menggunakan sleeper bus memungkinkan penumpang untuk mendapatkan pengalaman yang tidak biasa. Beberapa keuntungan melakukan perjalanan dengan sleeper bus di antaranya, dapat membantu mengefisiensi waktu.

Sleeper bus memungkinkan setiap penumpangnya untuk dapat tidur dan beristirahat sepanjang perjalanan sehingga bisa menghemat waktu yang biasanya dihabiskan dalam mencari penginapan. Konfigurasi tempat tidur yang luas dan nyaman juga memungkinkan Anda untuk tidur nyenyak selama perjalanan.

Kelebihan sleeper bus juga bisa dirasakan dari segi pelayanan. Misalnya, setiap penumpang diberikan kantong plastik untuk tempat menyimpan alas kaki dan sandal tipis seperti yang biasa tersedia di hotel. Nantinya, alas kaki tersebut bisa diletakkan di rak sepatu sehingga tidak ada alas kaki yang berantakan.

Selama di perjalanan, Anda juga dapat menikmati secangkir kopi atau teh. Ada juga mug atau gelas plastik kecil untuk digunakan oleh yang Anda tidak membawa tumbler (botol minum).

BACA JUGA : Dishub Bantul Bakal Sediakan Bus Sekolah, Ini Rutenya

Anda bisa dengan nyaman menggunakan gadget karena terdapat slot charger atau colokan untuk mengisi daya baterai. Kalau ingin hiburan yang lebih menarik, sleeper bus menyediakan fasilitas TV dan akses Wi-Fi yang bisa digunakan secara non-stop, selama di perjalanan.

Dengan berbagai kelebihan ini, tidak heran jika sleeper bus semakin menarik perhatian para pelancong yang ingin mendapatkan pengalaman mewah, baik saat bepergian seorang diri maupun membawa keluarga. Bus wisata jenis sleeper menjadi salah satu pilihan transportasi darat yang cocok untuk perjalanan antarkota maupun antarprovinsi.

Rute Favorit

Ada beberapa armada sleeper bus di Indonesia, termasuk yang berkembang di Pulau Jawa dan Sumatra. Perusahaan Otobus (PO) yang memiliki jenis sleeper bus, yaitu PO Sinar Jaya, New Shantika, Tami Jaya, Handoyo, Rosalia Indah, Harapan Jaya, Bintang Prima, Juragan99 Trans, Unicorn Indorent, dan Putera Jaya.

Dalam pantauan di situs Pegipegi, beberapa rute favorit penumpang dalam menggunakan sleeper bus seperti Jakarta-Surabaya dan sebaliknya, Jakarta-Jogja dan sebaliknya, serta Jogja-Jakarta. Tidak kalah ramai juga rute Jakarta-Malang dan sebaliknya, Jakarta-Palembang, dan Jakarta-Solo. Adapula rute Bandung-Palembang dan Bekasi-Surabaya. Harga sleeper bus Rp280.000 hingga Rp560.000 untuk sekali perjalanan.

Melihat rute-rute favorit ini, terlihat apabila sleeper bus cenderung ramai untuk perjalanan jauh. Waktu perjalanan bisa setengah hari lebih. Sehingga dengan adanya sleeper bus, harapannya bisa tidak secapek apabila menggunakan bus biasa.

Sleeper bus juga bisa menjadi alternatif saat masyarakat kehabisan atau tidak berani menggunakan mode transportasi lain, seperti pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement