Advertisement

Fantastis! Ini 10 Moge Termahal di Dunia, Ada yang Rp170 Miliar

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 28 Februari 2023 - 01:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Fantastis! Ini 10 Moge Termahal di Dunia, Ada yang Rp170 Miliar Neiman Marcus Limited Edition Fighter salah satu moge termahal di dunia. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perbincangan terkait motor gede alias moge milik pejabat Ditjen Pajak, seusai kasus penganiayaan David oleh salah satu anak pejabat institusi tersebut, tengah ramai dibahas.

Ternyata beberapa pejabat Ditjen Pajak dikabarkan memiliki koleksi moge bahkan tergabung di klub moge lembaga itu yang diberi nama, Belasting Rijder.

Advertisement

Berkat harganya yang mahal nan fantastis hingga miliaran membuat moge lebih dikenal sebagai kendaraan atau salah satu koleksi orang-orang tajir. Di dunia, ada beberapa motor gede termahal yang pernah dijual.

Biasanya, harga sepeda motor ditentukan oleh integritas struktural, daya tarik estetika, dan performa teknisnya. Apalagi jika sebuah model tertentu diproduksi dalam jumlah terbatas.

Beberapa pabrikan dalam daftar ini telah menciptakan sepeda motor yang setidaknya setara dengan karya seni khusus. Harga sepeda meningkat secara signifikan karena penggunaan bahan premium seperti serat karbon untuk membuat rangka sepeda motor.

Baca juga: Kesaksian Warga Timoho Jogja soal Mario Dandy: Kebut-kebutan Naik Moge dan Bawa Hewan Peliharaan

Meski mahal, tetapi banyak orang masih menganggapnya menarik. Berikut 10 moge termahal di dunia yang pernah ada pada tahun 2023.

1. Neiman Marcus Limited Edition Fighter

Ketika Neiman Marcus Limited Edition Fighter pertama kali memasuki pasar, harganya hanya di bawah $110.000.

Neiman Marcus Limited Edition Fighter termasuk sepeda motor paling langka di pasaran karena hanya dijual sebanyak 45 unit sejak dirilis. Sasis sepeda terbuat dari sepotong logam dan memiliki kecepatan tertinggi 190 mph.

Tenaga motor termahal ini dihasilkan oleh mesin V-Twin berpendingin udara 120ci 45 derajat kendaraan dan dipasangkan dengan komponen bodi yang terdiri dari titanium, aluminium, dan serat karbon.

Saat ini, dengan banderol harga $11 juta atau sekitar Rp170,500 miliar Neiman Marcus Limited Edition Fighter menjadi motor termahal di dunia pada tahun 2023.

2. 1949 E90 AJS Porcupine ($7 Juta)

AJS, pabrikan sepeda dengan masa lalu yang terkenal, pada tahun 1949 mengalami kesulitan keuangan dan hanya dapat membangun 4 unit Porcupine. Pada akhirnya, kepelatihan Les Graham yang sangat bagus membantu salah satu atlet ini memenangkan Kejuaraan Dunia 1949.

Porcupine adalah sepeda motor dengan rangka terbuka, mesin 500cc paduan aluminium, dan jenis shock unik yang disebut shock “Jam-pot”. Sebelum tersedia untuk sekelompok penggemar, sepeda motor ini menghabiskan dua puluh tahun di Museum Sepeda Motor Nasional Coventry.

Sepeda motor ini dibanderol seharga $7 juta atau setara dengan Rp107 miliar.

3. Ecosse ES1 Spirit ($3,6 Juta)

Ecosse ES1 Spirit bukanlah motor biasa. Ada dua hal yang mendefinisikan motor ini. Pertama, sama sekali tidak ada kerangka sasis. Kedua, ada suspensi belakang. Swingarm terpasang ke gearbox itu sendiri, dan suspensi depan terpasang ke mesin.

Menurut pabrikan, bahkan seorang pengemudi profesional diharuskan mengikuti pelatihan dua minggu terlebih dahulu sebelum mencoba mengendarai salah satu Ecosse ES1 Spirit. Memperjelas bahwa sepeda motor tidak konvensional.

Tidak ada yang lebih baik dari detail teknis yang mengesankan ini dan terasa lebih istimewa bagi pembeli karena akan menjadi satu dari sepuluh pemilik eksklusif surga roda dua ini. Tentunya karena hanya sepuluh dari mahakarya ini yang diproduksi.

Ecosse Spirit adalah sepeda motor titanium edisi terbatas dan sepeda motor termahal ketiga di dunia dengan banderol harga $3,6 juta. Ecosse Spirit edisi terbatas memiliki mesin bertenaga yang mampu mencapai kecepatan 370 km.

4. Hildebrand & Wolfmuller ($3,5 juta)

Pada tahun 1984, Heinrich, Wilhelm, dan Alois Wolfmuller bekerja sama untuk membuat sepeda motor ini. Dengan banderol harga $3,5 juta, Hildebrand & Wolfmuller menjadi salah satu sepeda termahal di dunia pada tahun 2023.

5. BMS Nehmesis ($3 Juta)

Apakah Anda percaya jika diberi tahu bahwa emas 24 karat digunakan dalam pembuatan komponen power bike ini? BMS Nehmesis lah buktinya.

Sepeda ini memiliki teknologi air-ride sepeda motor, yang memungkinkan kendaraan untuk mengangkat dirinya sendiri dengan bantuan lengan ayun satu sisi dan suspensi belakang. Akibatnya, standar samping menjadi tidak diperlukan.

Dengan banderol harga $3 juta, sepeda motor BMS Nehmesis menjadi merek sepeda termahal di dunia lainnya pada tahun 2023.

6. Yamaha BMS Chopper – $3 juta

Yamaha BMS Chopper bukan salah satu motor termahal di tahun 2022 karena performanya tapi estetikanya. Serupa dengan BMS Nehmesis, hampir seluruh bagian Yamaha BMS Chopper dilapisi emas 24 karat dan memiliki jok berlapis beludru merah.

Moge dengan mesin 1.700cc terlalu sayang untuk dipakai di jalanan lebih cocok sebagai barang kolektor yang dibanderol US$3 juta untuk mendapatkannya.

7. Harley Davidson Cosmic Starship ($1,5 Juta)

Harley Davidson Cosmic Starship secara konsisten menempati peringkat pertama di antara daftar 10 moge termahal, tetapi pada tahun 2023.

Meskipun seharusnya dijual seharga $3,5 juta, saat ini diiklankan untuk dijual dengan harga $12 juta. Harley Davidson Cosmic Starship adalah definisi seni dan mesin. Moge yang dibuat dengan tujuan menghasilkan karya seni dan dilukis oleh Jack Armstrong, seorang seniman eksistensialis kosmik pemberontak.

8. Dodge Tomahawk V10 ($550.000)

Pembuat sepeda motor itu menjulukinya patung-patung bergulir dan membanderolnya dengan harga $550.000.

Hanya sembilan Dodge Tomahawk yang pernah dibuat sejak awal. Dodge Tomahawk disebut-sebut sebagai sepeda motor tercepat yang pernah ada di lintasan lurus, dengan waktu 0 hingga 60 mph hanya dalam waktu 2,5 detik, dan menempuh kecepatan sekitar 420 mph. Sepeda motor ini memiliki empat ban dua di setiap sisi dan dibuat pada tahun 2003.

Tomahawk V10 Superbike ditenagai oleh mesin Dodge Viper V10 empat langkah yang memberi Anda perasaan bahwa 500 kuda supercharged menyeret Anda dalam persiapan untuk menyerang Bastille. Mesin ini dapat dengan mudah menggerakkan sasis apa pun dengan lebih dari dua roda.

Dengan banderol harga $550.000, Dodge Tomahawks menjadi salah satu motor termahal di dunia.

9. British Vintage Black Legendaris ($400.000)

Saat dibuat pada tahun 1948 Vincent-HRD adalah sepeda tercepat di dunia sejak saat itu ada 33 buah yang pernah dibuat. Kini harganya tidak kurang dari $400.000. Meskipun produksinya dihentikan, sepeda motor ini tetaplah barang ikonik, yang masih menjadi incaran para kolektor.

10. Seri Titanium Ecosse FE Ti XX ($300.000)

Dengan banderol harga $300.000, Ecosse FE Ti XX Titanium Series menjadi sepeda motor termahal ke-10 di tahun 2023.

Sepeda motor ini diproduksi pada tahun 2007 dan memiliki mesin aluminium billet 2,4 liter yang menghasilkan 228 tenaga kuda ke rodanya.

Seluruhnya terbuat dari serat karbon untuk mengurangi bobot hingga serendah mungkin. Jok sepeda motor ini terbuat dari kulit Italia mewah buatan tangan. Sejak awal, gadget cantik ini hanya dibuat sebanyak 13 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement