Advertisement

Aplikasi PeduliLindungi Mulai Berubah Hari Ini, Silahkan Update!

Szalma Fatimarahma
Selasa, 28 Februari 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Aplikasi PeduliLindungi Mulai Berubah Hari Ini, Silahkan Update! Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAAplikasi PeduliLindungi resmi berubah nama menjadi Satu Sehat Mobile mulai hari ini, Selasa (28/2/2023). 

Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji menyebutkan, masyarakat akan secara bertahap mendapatkan pesan untuk memperbarui tampilan aplikasi PeduliLindungi. 

Advertisement

Adapun dirinya memastikan bahwa masyarakat yang sebelumnya telah memiliki aplikasi PeduliLindungi tidak lagi perlu untuk menghapus ataupun mengunduh aplikasi terbaru ini. 

BACA JUGA : Catat! Besok, Aplikasi PeduliLindungi Hilang! Ganti Jadi Satu

“Betul sekali [akan berganti nama]. Yang sudah ada aplikasi PeduliLindungi hanya perlu di-update saja,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023). 

Menurut pantauan Bisnis, terdapat sejumlah fitur baru yang muncul pada halaman depan aplikasi SATUSEHAT. Fitur baru tersebut adalah fitur ‘Pengingat Minum Obat’ serta ‘Vaksinasi dan Imunisasi’. 

Pada fitur ‘Vaksinasi dan Imunisasi’, selain untuk melihat riwayat dan tiket vaksinasi Covid-19 yang mereka miliki, masyarakat yang telah memiliki balita kini dapat mengakses riwayat imunisasi anak mereka melalui aplikasi baru ini. 

Selain itu, terdapat fitur verifikator check-in yang berfungsi untuk me memverifikasi surat vaksin dari luar negri yang dibawa oleh Warga Negara Asing (WNA). 

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menuturkan, peluncuran aplikasi ini menjadi salah satu inovasi Kemenkes untuk mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasilitas kesehatan ke dalam satu platform Indonesia Health Service. 

BACA JUGA : Tak Pakai PeduliLindungi, Izin Usaha Terancam Dicabut 

Nantinya, aplikasi SATUSEHAT akan mempersingkat tahap pelaporan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, dari yang semula melalui 400 aplikasi kini dipangkas menjadi 8 aplikasi saja. 

“Jadi di puskesmas yang tadinya laporan mengisi aplikasi segala macam itu semuanya ada 400 aplikasi, nanti dengan SATUSEHAT akan menjadi 8 aplikasi saja,”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement