Advertisement

Tips Cuci Motor Listrik yang Aman

Astrid Prihatini WD
Sabtu, 11 Maret 2023 - 11:07 WIB
Jumali
Tips Cuci Motor Listrik yang Aman Presiden Joko Widodo mencoba sepeda motor listrik produksi PT Wijaya Manufakturing, Rabu (7/11). - Bisnis Indonesia/Yodie Herdiyan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sebelum mencuci motor listrik milik kamu, sebaiknya perhatikan sejumlah tips berikut ini agar kendaraan kamu awet dan tidak mengalami korsleting. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

BACA JUGA: Jangan Lakukan Ini Saat Mencuci Sepeda Motor

Advertisement

Supaya tampil kinclong dan bersih, biasanya pemilik sepeda motor mencucinya secara rutin terutama di musim penghujan. Tidak cuma motor dengan mesin bensin, motor listrik pun wajib di cuci untuk meningkatkan penampilannya. Perlu diketahui adalah cara mencuci motor konvensional dengan listrik sangat jauh berbeda. Di mana ada beberapa bagian pada motor listrik yang disarankan tidak terkena semprotan air.

Wakil Ketua Komunitas Viar Electric Community, Raditya, mengungkapkan sejauh ini dirinya mencuci motor listrik tidak menggunakan semprotan air yang langsung ke motor. Biasanya pakai kain lap basah.

“Kecuali dekat-dekat roda masih amanlah disemprot oleh air, karena motor itu (listrik) juga sudah didesain mampu melaju saat banjir pada ketinggian tertentu, kira-kira sampai dek masih bisa terendam. Bagian dasbor sebisa mungkin jangan disemprot air. Cukup dilap saja pakai kain basah, tapi tenang kalau dasbor kena hujan masih aman,” ujar Raditya dikutip dari carmudi.com pada Jumat (10/3/2023).

Tips mencuci motor listrik memakai lap basah sangat disarankan. Hal ini menurut Raditya karena ada beberapa bagian pada motor listrik yang tidak boleh sedikitpun terkena air. Bila itu terjadi maka kemungkinan besar sistem kelistrikannya akan koslet.

“Kalau cuci pakai air dan disemprot takutnya air ada masuk ke sistem kelistrikannya, terus kemudian bisa koslet. Jadi nyucinya harus benar sebab ada fitur yang punya saklar sendiri,” terang Raditya.

Lalu bagaimana tips mencuci motor listrik di tempat pencucian motor? Mencuci motor listrik sebaiknya dilakukan langsung oleh pemiliknya. Namun bila tidak punya keahlihan mencuci motor atau punya waktu terbatas pilihlah tempat cuci motor yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut.

Saat motor dicuci tentunya pemilik motor listrik harus tetap memantau dan jangan lupa untuk berkordinasi dengan tukang cuci. Supaya tidak menyemprot air secara langsung ke beberapa bagian untuk menghindari korsleting.

“Tapi hati-hati ada baiknya bilang ke orang yang mencuci motor semprot airnya bagian bawah saja. Bagian atas cukup dilap basah termasuk dek dan kaki-kaki,” ungkap Raditya.

Namun lanjut Raditya selama ini belum ada pemilik motor listrik yang mengabarkan kendaraannya rusak akibat dicuci. “Sejauh ini belum pernah kejadian (koslet), hal tersebut sebagai upaya pencegahan saja,” pungkas dia.

Dikutip dari polytron.co.id, Jumat (10/3/2023), berikut ini adalah cara mencuci motor listrik:

– Bagi kamu yang terbiasa mencuci motor di tempat pencucian motor maka kamu harus memastikannya kepada pegawai disana bahwa motor yang kamu cuci adalah motor listrik yang perlu penangan sedikit berbeda, yaitu beritahukan bahwa semprotan air berdaya kuat tidak boleh mengenai komponen baterai ataupun slot pengisiannya, pastikan pada bagian tersebut tidak dibuka dan tidak terkena air.
– Cara pencucian lainnya misal membersihkan body luar, ban/roda, pelek, stang, lampu, dan jok sama dengan pembersihan pada motor lainnya.
– Kamu bisa menggunakan sabun pencuci seperti pada kendaraan lain.
– Gunakan spons/busa lembut untuk mencuci bagian body
– Pada ban/roda kamu bisa menggunakan cairan semir khusus ban supaya ban kamu tetap berwarna hitam dan lembab.
– Pada body, jika selesai mencucinya maka kamu bisa mengeringkannya dengan kanebo.
– Sedangkan untuk pembersihan bagian baterai dan slot baterainya, kamu bisa mengelapnya dengan kain lembut, pastikan pada bagian ini tidak terkena air atau sabun.
– Untuk mencuci motor listrik kamu juga bisa melakukannya di rumah sesuai dengan arahan pada beberapa poin di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Sebut Jokowi Perintahkan Tarik Uang dari Staf Kementerian untuk Krisis Pangan, Istana Membatah

News
| Kamis, 13 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement