Advertisement

Baidu China Mengajukan Gugatan Terhadap Apple Inc

Khadijah Shahnaz Fitra
Minggu, 09 April 2023 - 22:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Baidu China Mengajukan Gugatan Terhadap Apple Inc Baidu / Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Raksasa mesin pencari asal China, Baidu mengajukan tuntutan hukum terhadap pengembang aplikasi yang menduplikasi aplikasi bot Ernie di toko aplikasi Apple. Atas perkara ini, Baidu juga menuntut Apple Inc.

Melansir Reuters, Minggu (9/4/2023), bot Ernie merupakan kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT. Baidu mengatakan, mereka mengajukan tuntutan hukum di Pengadilan Rakyat Haidian Beijing terhadap pengembang di balik aplikasi palsu bot Ernie dan perusahaan Apple.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

BACA JUGA: 2030, Semua Produk Apple Bebas Karbon

"Saat ini, Ernie tidak memiliki aplikasi resmi," kata Baidu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat yang diposting di akun WeChat resmi "Baidu AI".

Baidu juga mengunggah foto pengajuan pengadilan. "Hingga pengumuman resmi dari perusahaan kami, aplikasi Ernie yang Anda lihat di App Store atau toko-toko lain adalah palsu," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait gugatan tersebut. Penelusuran Reuters pada Sabtu (8/4/2023) menemukan bahwa masih ada setidaknya empat aplikasi yang menggunakan nama bot Ernie dalam bahasa Mandarin, semuanya palsu, di App Store Apple.

Bot Ernie hanya tersedia untuk pengguna yang mengajukan dan menerima kode akses. Dalam pernyataannya, Baidu juga memperingatkan agar tidak ada orang yang menjual kode akses.

Sebelumnya, Baidu membatalkan acara live streaming peluncuran produk "Ernie bot" yang digadang menjadi pesaing produk kecerdasan buatan asal AS, ChatGPT. 

BACA JUGA: Barisan iPhone yang Mendukung iOS 17

Produk ini sebenarnya sudah diiklankan terbuka untuk media dan publik. Dilansir dari Reuters pada Senin (27/3/2023), Baidu mengatakan bahwa siaran web yang dijadwalkan pada Senin sore dialihkan ke pertemuan tertutup dengan kelompok pertama perusahaan yang menguji produk tersebut. 

Mereka menjelaskan bahwa alasan di balik perubahan format adalah untuk memenuhi permintaan yang kuat dari 120.000 perusahaan yang sudah mendaftar untuk menguji bot Ernie.

BACA JUGA:  Laptop Harga 6 Jutaan Terbaik, Mulai Axioo Mybook Hingga Acer Aspire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanggapan SBY Terkait Kabar MK Akan Setujui Pemilu Proporsional Tertutup

News
| Minggu, 28 Mei 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Kuliner Unik, Restoran Ini Sajikan Ramen dengan Kutu Laut Raksasa

Wisata
| Jum'at, 26 Mei 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement