Advertisement

Jadi Pesaing Samsung, Ini Bocoran Harga Ponsel Lipat Google Pixel Fold

Arlina Laras
Sabtu, 29 April 2023 - 16:27 WIB
Sunartono
Jadi Pesaing Samsung, Ini Bocoran Harga Ponsel Lipat Google Pixel Fold Tampilan Google Pixel Fold. - Dok. @evleaks

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kabar tentang Google yang merilis smartphone lipat pertamanya bernama Google Pixel Fold siap menjadi pesaing Samsung. Rencana pengumuman model smartphone Pixel terbaru, yaitu Pixel Fold akan diumumkan oleh Google pada konferensi pengembang Google I/O yang diadakan pada 10 Mei 2023.

Meski spesifikasi lengkap untuk Pixel Fold belum tersedia, namun sudah banyak bocoran dan spekulasi dari berbagai sumber soal rinciannya. Ponsel lipat yang akan dirilis pada Juni itu disebut memiliki desain lipat seperti buku dengan layar berukuran 7,6 inci. 

Advertisement

Selain itu, berdasarkan rincian yang dirilis, Pixel Fold akan dilengkapi dengan chip Tensor G2, yang juga digunakan pada seri ponsel Google Pixel 7, Pixel 7 Pro serta sistem operasi ChromeOS dan Android. 

BACA JUGA : Ponsel Lipat Belum Dibutuhkan

Nantinya, ponsel ini pun dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan tahan lama, serta memiliki perangkat engsel yang sangat kuat dan tahan lama. Dengan fitur-fitur tersebut, Pixel Fold kemungkinan akan menjadi ponsel cerdas yang paling canggih dan mahal yang pernah dirilis oleh Google.

Pixel Fold akan memiliki beberapa fitur unggulan seperti baterai yang lebih besar dan ukuran layar yang lebih besar.  Dengan spesifikasi tersebut, Pixel Fold akan bersaing langsung dengan smartphone lipat milik Samsung. 

Selain itu, baterai yang lebih besar juga akan memberikan masa pakai yang lebih lama hingga 24 jam hingga 72 jam terus menerus saat dihidupkan. Terkait beratnya sendiri, disebutkan ponsel ini akan sedikit lebih berat dibandingkan dengan smartphone biasa dengan bobot sekitar 10 ons.

Mengutip dari Digital Trends, Google akan membanderol Pixel Fold dengan harga sekitar US$1.700 atau Rp24,9 juta. Produk ini akan bersaing dengan Samsung Galaxy Z Fold 4 yang saat ini dihargai sekitar US$1.799 atau Rp26,3 juta. 

BACA JUGA : Sempat Tembus Rp200 Juta saat Dilelang, Ini Spek dan Harga

Sementara itu, Kevin Lee, seorang editor di IGN sendiri telah memberikan penilaian tertinggi atau skor tinggi untuk perangkat keras Google Pixel 7 Pro dalam sebuah review. Dia mengatakan ponsel ini dan seri lanjutannya mampu menawarkan nilai yang lebih baik daripada model sebelumnya. 

Lee menyoroti beberapa fitur yang lebih unggul, seperti layar yang lebih halus dan cerah, kamera telefoto 5 kali, dan kemampuan zoom digital yang lebih baik. 

“Tidak ada alasan untuk mempertimbangkan ponsel Android kelas atas lainnya karena Pixel 7 Pro memiliki keunggulan-keunggulan tersebut,” katanya dikutip dari IGN, Sabtu (29/4/2023). 

Juru bicara Google menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan tentang perangkat lipat Pixel Fold yang akan dirilis dalam waktu dekat. Meskipun ponsel ini bukanlah pendapatan utama Google, namun Pixel Fold akan terus fokus pada pengembangan perangkat lunak seperti Android dan Google Play, yang juga digunakan pada perangkat lain yang dibuat oleh pihak ketiga seperti Samsung.

BACA JUGA : Google Dikabarkan Siap Produksi Ponsel Lipat pada 2023

Pixel Fold akan menjadi ponsel lipat pertama yang dibuat sepenuhnya oleh Google, sehingga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menunjukkan kemampuan pengalaman ponsel lipat mereka.

Selain itu, seperti halnya seri Pixel sebelumnya, Pixel Fold juga diharapkan akan memiliki fitur eksklusif dan peningkatan performa yang ditenagai oleh Tensor Processing Unit (TPU) buatan Google, seperti kemampuan pengeditan foto yang lebih baik dan deteksi suara yang lebih canggih.

Melansir dari The Verge, peluncuran Pixel Fold oleh Google terjadi pada saat yang krusial dalam hubungan perusahaan dengan Samsung, karena dilaporkan Samsung sedang mempertimbangkan untuk mengganti mesin pencari default dari Google ke Microsoft Bing pada jajaran smartphone-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Sebut Jokowi Perintahkan Tarik Uang dari Staf Kementerian untuk Krisis Pangan, Istana Membatah

News
| Kamis, 13 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement