Advertisement

BlueSky, Media Sosial Baru Pesaing Twitter

Newswire
Rabu, 03 Mei 2023 - 10:37 WIB
Jumali
BlueSky, Media Sosial Baru Pesaing Twitter Bluesky - Tangkapan Layar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mungkin dalam beberapa waktu terakhir orang-orang semakin mengenal media sosial baru bernama Bluesky.

BACA JUGA: Elon Musk Dikritik Pendiri Twitter

Advertisement

Aplikasi Bluesky merupakan media sosial yang dikembangkan oleh mantan CEO Twitter Jack Dorsey dan mulai diuji cobakan ke pengguna terpilih di 2023 ini.

Namanya semakin naik daun ketika warganet khususnya dari Twitter mencari alternatif media sosial lainnya terutama setelah kini banyak perubahan yang dilakukan Elon Musk pada Twitter.

Mengutip Gizchina, BlueSky pun berpotensi menjadi pesaing bahkan mengungguli Twitter.

Salah satu alasannya ialah karena pengalaman yang diberikan aplikasi tersebut rupanya mirip dengan Twitter dan relatif mudah digunakan.

Setelah membuat akun dan profil, pengguna BlueSky bisa membagikan pemikiran mereka, berinteraksi dengan pengguna lainnya dengan membalas pesan, kiriman, hingga menyukai unggahan.

Hal yang membedakan BlueSky dan Twitter ialah teknologi yang digunakannya.

Tidak seperti Twitter, Bluesky menggunakan sistem terdesentralisasi yang berjalan di beberapa server yang lebih kecil yang dihubungkan oleh teknologi bernama Protokol AT.

Protokol AT dikembangkan secara khusus oleh Bluesky menjadi sistem yang terdesentralisasi dan bersifat terbuka.

Sistem ini dirancang untuk membantu pembuat aplikasi membuat privasi dan data pengguna tetap terjaga namun tetap dapat fleksibel memindahkan akun tanpa terbatas server.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat protokol aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan tidak diatur oleh pengembang aplikasi.

Saat ini BlueSky sudah tersedia bagi pengguna terpilih dan telah diunduh sebanyak 375.000 kali di Apps Store milik Apple setelah diluncurkan di Februari 2023.

Karena sifatnya masih dalam pengujian, BlueSky hanya akan memberikan akses layanannya kepada pengguna yang telah memiliki kode undangan khusus.

Bagi anda yang tertarik, anda bisa mencoba untuk masuk dalam daftar tunggu dengan mendaftarkan email di situs web resmi mereka bsky.app.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement