Advertisement

SpaceX Crew Dragon Sukses Terbangkan 4 Penumpang Komersial ke Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 25 Mei 2023 - 07:47 WIB
Jumali
SpaceX Crew Dragon Sukses Terbangkan 4 Penumpang Komersial ke Luar Angkasa SpaceX Crew Dragon - NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Akhirnya, SpaceX Crew Dragon sukses membawa misi 4 penumpang ke luar angkasa.

Ke empatnya terdiri dari seorang pensiunan astronot, seorang petualang kaya, dan dua astronot Saudi.

Advertisement

Mereka berhasil menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Senin.

BACA JUGA: Perayaan Idulfitri ala Astronot

Pesawat ruang angkasa melewati 1.300 kaki di bawah kompleks lab, kemudian berputar ke titik tepat di atas port menghadap ruang modul Harmony depan.

Dari sana, pesawat bergerak untuk berlabuh pada pukul 9:12 pagi EDT.

"Itu adalah perjalanan yang menyenangkan ... itu adalah docking terlembut yang pernah saya rasakan," komandan Ax-2 Peggy Whitson menghubungi pengontrol penerbangan SpaceX melalui radio, mengacu pada tiga perjalanan sebelumnya ke stasiun dengan pesawat ulang-alik dan kapal feri Soyuz Rusia.

Dua jam kemudian, setelah pemeriksaan kebocoran yang ekstensif, Whitson, seorang pensiunan astronot dan penerbang luar angkasa Amerika yang paling berpengalaman, memimpin tiga awak pemula ke stasiun tempat tujuh anggota awak Ekspedisi 69 menunggu untuk menyambut mereka.

"Selamat atas keberhasilan peluncuran dan dok Anda," kata kosmonot Sergey Prokopyev, komandan stasiun.

Misi Ax-2 adalah penerbangan Crew Dragon swasta kedua yang disewa oleh Axiom Space yang berbasis di Houston dan disetujui oleh NASA sebagai bagian dari inisiatif untuk mendorong pengembangan sektor swasta di orbit rendah Bumi.

Ini adalah misi pertama dengan dua astronot yang disponsori pemerintah – warga negara Saudi Ali Alqarni dan Rayyanah Barnawi.

Co-pilot Ax-2 John Shoffner, seorang pensiunan pengusaha serat optik, pilot swasta dan pengemudi mobil balap berkinerja tinggi, membayar jumlah yang tidak diungkapkan untuk penerbangan luar angkasa pertamanya sementara Alqarni dan Barnawi, orang Saudi kedua dan ketiga yang terbang ke luar angkasa, mewakili Komisi Luar Angkasa Saudi. Whitson adalah direktur penerbangan luar angkasa manusia di Axiom Space.

Selama delapan hari tinggal di stasiun luar angkasa, kru Ax-2 berencana untuk melakukan 20 eksperimen, sebagian besar dirancang oleh penyelidik Saudi, di berbagai bidang mulai dari penelitian biomedis hingga pengembangan teknologi.

Para kru juga merencanakan beberapa acara langsung dengan anak-anak sekolah di seluruh Arab Saudi dalam inisiatif STEM untuk mendorong minat pada sains dan teknologi.

Sementara itu, astronot Ekspedisi 69 di segmen stasiun AS akan terus maju dengan serangkaian penelitian sementara Prokopyev dan dua awak Rusia bersiap untuk kedatangan kapal pemasok Kemajuan pada hari Rabu yang membawa 5.493 pon propelan, air, perlengkapan awak dan kargo lainnya.

Jika semuanya berjalan lancar, Whitson dan kawan-kawan akan melepas dok pada 30 Mei dan kembali ke Bumi, meluncur ke lepas pantai Florida untuk menutup penerbangan Crew Dragon ke-10 yang dipiloti SpaceX.

Pesawat ruang angkasa awak SpaceX Dragon, bernama Freedom, terlihat saat mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan empat astronot pribadi Misi Axiom 2 pada Senin, 22 Mei 2023.

11 anggota kru tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan empat pesawat luar angkasa yang sekarang berlabuh di lab yang mengorbit.

Dua kapal awak SpaceX Dragon berlabuh berdekatan satu sama lain di modul Harmoni stasiun setelah kedatangan Axiom Mission 2 di atas kapal Dragon pada hari Senin pukul 09.12 EDT. Empat astronot swasta dari Axiom Space membuka palka Dragon pada pukul 11.00 dan memasuki stasiun, memulai operasi berlabuh selama delapan hari.

Kuartet pribadi yang terdiri dari Komandan Peggy Whitson, Pilot John Shoffner, dan Spesialis Misi Ali Alqarni dan Rayyanah Barnawi menghabiskan hari Selasa untuk membiasakan diri dengan operasi stasiun.

Mereka berlatih menyiapkan makanan dan minuman, melakukan praktik kebersihan, melakukan prosedur keselamatan, dan mengoperasikan peralatan lab sambil membiasakan hidup di luar angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement