Advertisement

Unik, Kendaraan Mode Ganda di Jepang Bisa Jadi Bus Sekaligus Kereta Api

Lajeng Padmaratri
Selasa, 18 Juli 2023 - 21:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Kendaraan Mode Ganda di Jepang Bisa Jadi Bus Sekaligus Kereta Api Dual mode vehicle (DMV) di Jepang yang memungkinkan kendaraan bisa jadi bus atau kereta api sekaligus. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Di Jepang, ada kendaraan mode ganda yang bisa digunakan di jalan raya dan jalur rel kereta apiMeski bukan yang pertama, namun keberadaan kendaraan mode ganda atau dual mode vehicle (DMV) ini tetap menarik perhatian.

Melansir Reuters, kendaraan itu terlihat seperti minibus dan berjalan dengan karet ban biasa di jalan raya. Namun, ada masanya saat tiba di persimpangan, roda baja turun dari bagian bawah kendaraan ke rel, secara efektif mengubahnya menjadi gerbong kereta. Roda kereta mengangkat ban depan keluar jalur sementara roda belakang tetap turun untuk mendorong DMV ke atas rel.

Advertisement

BACA JUGA: Fakta Unik Jepang, Negara Seribu Vending Machine

CEO Asa Coast Railway, perusahaan yang mengoperasikan DMV, mengatakan kendaraan tersebut dapat membantu kota-kota kecil seperti Kaiyo dengan populasi yang menua dan menyusut, di mana perusahaan transportasi lokal berjuang untuk mendapatkan keuntungan.

"Ini [DMV] dapat menjangkau penduduk setempat [sebagai bus], dan membawa mereka ke rel kereta juga. Terutama di daerah pedesaan dengan populasi yang menua, kami berharap ini menjadi bentuk transportasi umum yang sangat baik," kata CEO Shigeki Miura kepada Reuters.

BACA JUGA: Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Ini Nyaris Tidak Butuh Dicas Ulang

DMV dapat mengangkut hingga 21 penumpang dan melaju dengan kecepatan 60 km/jam (37 mph) di rel kereta api dan dapat melaju secepat sekitar 100 km/jam (62 mph) di jalan umum, menurut Asa Coast Railway.

Didukung oleh bahan bakar diesel, armada kendaraan kecil, yang datang dalam berbagai warna, akan berjalan di sepanjang bagian pantai pulau Shikoku di Jepang selatan, menghubungkan beberapa kota kecil dan menawarkan pemandangan pantai yang menarik bagi penumpang.

Tertarik mencoba kendaraan unik ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Palang Merah Internasional Bangun Rumah Sakit Lapangan di Rafah

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement