Advertisement

Sturgeon Supermoon Capai Puncaknya Dini Hari Nanti

Jumali
Selasa, 01 Agustus 2023 - 13:17 WIB
Jumali
Sturgeon Supermoon Capai Puncaknya Dini Hari Nanti Supermoon - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASturgeon Supermoon atau bulan purnama dengan ukuran cukup besar akan terjadi dan mencapai titik penuhnya pada Rabu (2/8/2023) pukul 00:33 WIB.

BACA JUGA: Ada Fenomena Stugeon Supermoon dan Hujan Meteor, Catat Ini Tanggalnya

Advertisement

Hindustantimes, Selasa (1/8/2023) mengungkapkan, nama bulan sturgeon sendiri makna yang berasal dari sejarah di masa lalu. Di mana, penduduk asli Amerika, Amerika Kolonial, dan Eropa mengamati bulan purnama. Mereka kemudian menghubungan penamaannya dengan nama-nama tertentu. Julukan Sturgeon berasal dari ikan sturgeon raksasa yang melimpah di Great Lakes dan Lake Champlain.

Live Science melaporkan jika fenomena Sturgeon Supermoon ini merupakan yang kedua terjadi sepanjang tahun ini. Supermoon tersebut akan mencapai titik penuhnya pukul 13:33 EDT tanggal 1 Agustus 2023 atau 00:33 WIB tanggal 2 Agustus 2023. Selain Sturgeon Supermoon, ada fenomena Blue Moon yang akan terjadi pada 30 Agustus 2023.

Live Science mengungkapkan, Sturgeon Supermoom memiliki ukurannya hampir sebesar Blue Moon. Sedangkan Blue Moon yang terjadi pada akhir Agustus nanti disebut sebagai Supermoon terbesar di 2023.
Blue Moon berjarak 33km lebih dekat dari yang ditampilkan Bulan Sturgeon. Saat Supermoon nanti jaraknya dengan Bumi adalah 222.043 mil.

Sturgeon Supermoon sendiri sejatinya bisa dilihat dengan mata telanjang. Dengan catatan asalkan cuaca memungkinkan untuk melihatnya secara langsung. Namun jika ingin melihat tampilan yang lebih detil, Anda wajib menggunakan teropong bintang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement