Advertisement

Apa Saja Ujian Praktik SIM C Terbaru? Simak di Sini

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Apa Saja Ujian Praktik SIM C Terbaru? Simak di Sini Desain sirkuit ujian praktik sim c terbaru dari Koantas Polri. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menguji coba perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C pada Jumat (4/8/2023).

Perubahan ujian praktik SIM C itu seperti lintasan diubah. Jika semula ujian praktik berbentuk zig-zag hingga angka 8 kini, maka saat hanya menggunakan lintasan berbentuk huruf S dan Y sebagai tantangan.

Advertisement

BACA JUGA: Ujian SIM Baru, Tak Ada Lagi Lintasan 8, Polda DIY Langsung Terapkan

Ujian praktik SIM C lintasan baru ini sudah bisa dipakai pemohon SIM pada Senin (7/8/2023) mendatang di seluruh Polres masing-masing daerah ikut menerapkan lintasan maupun tata letak (layout) ujian praktik SIM C terbaru itu.

Korlantas Polri berharap dengan aturan baru ujian praktik SIM C tersebut akan mempermudah pemohon dalam permohonan SIM, tanpa mengurangi keahlian dan ketrampilan pengendara dalam berkendaraan nantinya.

Perubahan Ujian Praktik SIM C

Lalu, apa saja perubahan bentuk ujian praktik SIM C terbaru? 

BACA JUGA: Cara Membuat SIM Online, Begini Tahapannya

1. Perubahan lintasan ujian praktik SIM C menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi tes zig-zag.

2. Ujian praktik SIM C membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S, dan yang ketiga, ukuran lebar lintasan ditingkatkan dari semula berukuran 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

3. Sesuai dengan regulasi baru arahan dari Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, ujian praktik SIM C, yang semula ada lima item sekarang menjadi empat item.

Empat item regulasi baru ujian praktik SIM C, yakni pertama jalan lurus, kedua berbelok atau berbalik arah, ketiga huruf S, keempat huruf Y.

4. Selain penghapusan dua lintasan tersebut, ujian praktik SIM C juga mengubah sejumlah perubahan, yakni mengakomodasi ukuran lintasan yang lebih lebar, kemudian menambahkan materi ujian berkendara.

5. Ujian praktik SIM C ini, hanya diberlakukan untuk pemohon baru SIM C, sedangkan untuk pemohon perpanjangan SIM C tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Anwar Usman Kembali Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik

News
| Senin, 13 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement