Advertisement

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Abdul Hamied Razak
Rabu, 16 Agustus 2023 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp Ilustrasi Whatsapp / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terkadang orang tidak mau untuk diganggu, saat sibuk bekerja atau mengikuti kegiatan tertentu. Lalu bagaimana cara whatsapp (WA) terlihat offline padahal sedang online?

Cara ini bisa digunakan seterusnya atau saat momen tertentu saja. WhatsApp mempunyai fitur yang bisa membuat pengguna terlihat offline meski sebenarnya sedang online. Berikut selengkapnya.

Advertisement

1. Mengubah Fitur Last Seen

Untuk memberitahu kontak kapan terakhir kali menggunakan WhatsApp, termasuk sedang online, Anda bisa menggunakan fitur Last Seen. Anda bisa mematikan fitur ini untuk terlihat sedang offline.

Cara menonaktifkannya dengan menyentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih Settings dan akun berikutnya klik Privasi.

Pada menu Who Can See My Personal Info, klik Last Seen dan pilih Nobody. Opsi tersebut untuk semua orang, pada kontak yang disimpan atau tidak.

BACA JUGA: Yuk, Nikmati Cara Baru Share Screen WhatsApp Saat Video Call


2. Menyembunyikan Status

Untuk tampil offline padahal Anda sendang online, Anda juga bisa menyembunyikan status. Cara ini digunakan untuk mengatur siapa saja yang bisa melihatnya.

Caranya tekan opsi titik tiga di bagian kanan atas > Privasi > Status. Berikutnya Anda akan melihat pilihan pada siapa Status dibagikan, ada "Kontak Saya", "Kontak Saya Kecuali...", dan "Hanya Bagikan Dengan...". Pilih sesuai yang diinginkan.


3. Mematikan Centang Biru

Centang biru biasanya sebagai tanda jika pesan yang dikirim oleh Anda sudah dibaca. Nah, ada cara untuk Anda bisa mematikannya:

Caranya, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsAppPilih SettingTekan Akun > Privasi Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read ReceiptsCentang biru sudah non-aktif

4. Mematikan Background Data

WhatsApp bekerja di background dan membuat Anda terus menerima pesan. Anda bisa mematikan Background Data untuk menghindari ini.

Caranya dengan membuka Settings, berikutnya buka opsi data, dan pilih nonaktifkan Background Data.

5. Membuat Status WhatsApp

Selain menyembunyikannya, Anda juga bisa membuat status yang menyatakan untuk tidak diganggu selama dalam jangka waktu tertentu. Caranya buka menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About.

Setelah itu klik ikon pensil, dan tuliskan status untuk memberitahu orang lain jika akun tersebut akan offline dalam waktu tertentu. Terakhir jangan lupa klik Save.


6. Kapan Terakhir Dilihat dan Online

Terakhir dilihat dan online menunjukkan status kapan terakhir kali kontak Anda menggunakan WhatsApp atau apakah mereka sedang online.

Jika kontak sedang online, berarti kontak tersebut sedang membuka WhatsApp di perangkatnya dan terhubung ke Internet. Namun, bukan berarti kontak telah membaca pesan Anda.

Terakhir dilihat menunjukkan kapan terakhir kali kontak Anda menggunakan WhatsApp. Melalui setelan privasi, Anda memiliki opsi untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi terakhir dilihat dan online Anda.

Anda mungkin tidak dapat melihat informasi terakhir dilihat atau online orang lain kecuali mereka telah menyimpan nomor telepon Anda atau sebelumnya pernah mengirimi Anda pesan.

Anda dapat menggunakan setelan untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi terakhir dilihat atau online Anda. Ketahui caranya.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak dapat melihat informasi terakhir dilihat atau online orang lain:

a. Mereka mungkin telah menyetel setelan privasi untuk tidak menampilkan informasi ini.

b. Anda mungkin telah menyetel setelan privasi untuk tidak membagikan informasi terakhir dilihat. Jika memilih untuk tidak membagikan terakhir dilihat, Anda tidak akan dapat melihat terakhir dilihat pengguna lain.

c. Anda mungkin telah diblokir.

d. Anda mungkin belum pernah chat dengan mereka sebelumnya.

e. Mereka mungkin tidak menyimpan Anda sebagai kontak.

f. Anda mungkin tidak menyimpan mereka sebagai kontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement