Advertisement

Google Doodle Hari Ini (29/1/2024) Tampilkan Pemeran Mak Nyak si Doel, Ini Alasannya

Anshary Madya Sukma
Senin, 29 Januari 2024 - 15:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Google Doodle Hari Ini (29/1/2024) Tampilkan Pemeran Mak Nyak si Doel, Ini Alasannya Tampilan Google Doodle hari ini, Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak si Doel. Tangkapan layar Google

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jika Anda membuka laman Google hari ini (29/1/2024) maka Google Doole hari ini terlihat seorang perempuan mengenakan kerudung. Tampilan huruf 'Google' warna-warni tersebut adalah Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak si Doel. 

Dalam tampilan pencarian Google itu, gambar Aminah tampak ditempelkan dengan latar belakang televisi analog jadul yang memiliki latar belakang berwarna kuning membentuk oval. Selain itu, huruf Google dalam tampilan tersebut nampak menjadi tulisan bersambung dengan warna biru yang dihiasi bunga yang lengkap dengan dedaunan.

Advertisement

Dilansir doodle.google, tampilan mesin pencarian dengan Aminah bukan tanpa sebab. Pasalnya, Google mengangkat tema ini untuk merayakan ulang tahun Aminah ke-86. "Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer Asia Tenggara paling produktif dan populer pada masanya," tulis Google.

Baca Juga

Google Doodle Menampilkan Kapal Pinisi Indonesia, Ini Asal Sejarahnya

Google Doodle Rayakan Hari Angklung, Ini Sejarah Alat Musik Jawa Barat

Didi Kempot Jadi Google Doodle, Ini 17 Judul Lagunya yang Bikin Ambyar

Secara singkat, Google menyampaikan Aminah memulai debutnya pada 1955 dalam film Oh, Ibuku. Penampilan Aminah kemudian meroket dalam film Serampang 12. Kemudian, Aminah menjadi lebih terkenal setelah membintangi beberapa film termasuk Si Doel Anak Sekolahan. Dalam film tersebut, Aminah memiliki peran ikonik, yakni Mak Nyak. Penampilan gemilangnya dalam mewarnai dunia akting Indonesia membuatnya mendapatkan beberapa penghargaan seperti dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

"Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara Anda terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia," dikutip dari laman doodles.google. Baca Juga Google Doodle Hari Ini Tampilkan Angka 25, Apa Artinya? Diketahui, Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah dan meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di Tangerang Selatan, Banten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement