Advertisement

GPT-4 Buatan OpenAI Dilatih Menggunakan Video dari Youtube

Newswire
Senin, 08 April 2024 - 10:17 WIB
Maya Herawati
GPT-4 Buatan OpenAI Dilatih Menggunakan Video dari Youtube Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Transkripsi lebih dari satu juta jam video Youtube digunakan oleh perusahaan OpenAI, untuk melatih model bahasa besar AI tercanggihnya saat ini yakni GPT-4.

Dikutip dari laporan Neowin pada Minggu (7/4/2024), hal tersebut diungkapkan oleh New York Times yang menyebutkan bahwa OpenAI mengembangkan model transkripsi audio bernama Whisper yang membantu perusahaan teknologi tersebut untuk mengumpulkan data dari video Youtube.

Advertisement

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa OpenAI menyadari tindakan mereka berada di bawah pengawasan, akan tetapi pihaknya tetap melanjutkan praktik tersebut karena dianggap sebagai sebuah tindakan yang wajar.

Kabar yang diungkapkan New York Times juga senada dengan laporan The Information yang menyebutkan bahwa OpenAI diduga mengumpulkan data dari video dan podcast di Youtube untuk melatih dua sistem AI mereka. Menurut laporan itu, presiden OpenAI Greg Brockman ikut terlibat dalam tim pelatihan AI itu.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional, Exit Tol Ngawen Jadi Favorit Pemudik Dibandingkan Exit Tol Ceper

Sejumlah orang di Google, selaku pemilik Youtube, dikabarkan juga mengetahui tentang praktik yang dilakukan oleh OpenAI namun memilih untuk tidak menindaknya karena Google juga menggunakan video Youtube untuk melatih model AI buatan mereka.

Google buka suara mengenai hal ini dengan mengatakan bahwa video yang digunakan untuk melatih AI mereka telah mengantongi izin dari kreatornya.

CEO Youtube Neal Mohan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg menegaskan bahwa kebijakan perusahaan telah melarang pengunduhan transkrip video atau sejenisnya karena tindakan tersebut melanggar kebijakan layanan Youtube. Akan tetapi saat ditanya mengenai data Youtube yang digunakan oleh OpenAI dia mengaku belum memiliki informasi untuk mengonfirmasinya kendati telah melihat laporan mengenai hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement