Advertisement

TikTok Akan Otomatis Beri Label pada Konten Buatan AI

Newswire
Jum'at, 10 Mei 2024 - 13:27 WIB
Lajeng Padmaratri
TikTok Akan Otomatis Beri Label pada Konten Buatan AI TikTok / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jejaring sosial TikTok mulai secara otomatis memberikan label khusus kepada unggahan konten yang dihasilkan oleh platform kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Oleh karenanya, jika kreator mengunggah sebuah konten di TikTok yang dibuat oleh platform AI seperti DALL·E 3 milik OpenAI, label "AI-generated" akan otomatis disematkan untuk memberi tahu pengguna bahwa konten tersebut dihasilkan oleh kecerdasan buatan.

Advertisement

"Konten yang dihasilkan AI adalah inovasi kreatif yang luar biasa, tetapi transparansi bagi pengguna sangat penting," kata Head of Operations and Trust & Safety TikTok, Adam Presser dalam keterangannya dikutip dari Antara, Jumat (10/5/2024).

BACA JUGA: Chat di Whatsapp Bisa Anda Lindungi, Ini Caranya

Pelabelan konten buatan AI ini diterapkan melalui Content Credentials, sebuah teknologi yang diciptakan oleh Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA), yang dibentuk bersama Microsoft dan Adobe.

Content Credential akan melampirkan metadata tertentu kepada suatu konten yang dapat dimanfaatkan TikTok untuk mendeteksi langsung bahwa konten tersebut diproduksi oleh AI sehingga langsung diberi label.

Metadata dari Content Credential memberikan detail tentang di mana dan bagaimana konten yang dihasilkan AI dibuat atau diedit. Metadata itu akan tetap melekat pada konten tersebut saat diunduh.

"Dengan bermitra bersama rekan-rekan untuk memberikan label konten di seluruh platform, kami memudahkan pembuat konten untuk mengeksplorasi konten yang dihasilkan AI secara bertanggung jawab, sambil terus mencegah konten buatan AI berbahaya atau menyesatkan yang dilarang di TikTok," ujar Adam.

BACA JUGA: 10 Manga Jepang Terbaik 2024 yang Harus Dibaca Sekarang Juga

Sebelumnya TikTok sudah memberi label konten yang dibuat dengan fitur efek AI TikTok dan kini platform jejaring sosial asal China itu juga akan memberi label konten yang dibuat di platform lain seperti DALL·E 3 dan Microsoft Bing Image Creator.

TikTok juga mengumumkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melawan penggunaan AI pada konten yang berkaitan dengan pemilihan umum. Kebijakan mereka juga dengan keras melarang konten buatan AI yang mengandung informasi menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement