Advertisement

HP Cepat Panas, Simak Cara Mencegahnya

Muhammad Diva Farel Ramadhan
Minggu, 09 Juni 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
HP Cepat Panas, Simak Cara Mencegahnya Remaja bermain ponsel - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ponsel pintar kerap mengalami masalah overheat atau terlalu cepat panas.  Overheat dapat menyebabkan performa menurun hingga merusak komponen internal ponsel atau handphone (HP). Simak beberapa cara mencegah HP Anda agar tidak terlalu cepat panas:

Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Advertisement

Paparan sinar matahari langsung dapat meningkatkan suhu HP dengan cepat. Usahakan untuk menyimpan HP di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung, terutama saat berada di luar ruangan.

Jika Anda perlu menggunakan ponsel dalam waktu lama saat cuaca cerah dan panas, carilah tempat berteduh untuk melindungi ponsel dan Anda.

Gunakan Charger Original/Berkualitas

Berhati-hatilah dengan charger harga murah, karena harga tersebut sering kali dilekatkan pada produk tiruan yang tidak menyertakan perangkat elektronik keselamatan untuk mengatur keluaran daya dan mencegah panas berlebih.  Lebih baik membayar sedikit lebih mahal dan mendapatkan pengisi daya yang terekomendasi atau original.

Hindari Penggunaan HP saat Mengisi Daya

Menggunakan HP saat mengisi daya dapat membuat suhu meningkat karena aliran listrik yang masuk ke baterai. Usahakan untuk tidak menggunakan HP saat sedang di-charge dan cabut charger jika sudah penuh.

BACA JUGA: Kesadaran Masyarakat Sleman untuk Mengolah Sampah Masih Rendah

Kurangi Penggunaan Aplikasi Berat

Aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti game grafis tinggi atau aplikasi editing video dapat membuat prosesor bekerja lebih keras dan memanas. Batasi penggunaan aplikasi berat untuk mengurangi risiko overheat.

Prosesor ponsel Anda harus bekerja lebih keras saat Anda melakukan sesuatu seperti memainkan game dengan grafis intensif, yang dapat menghasilkan lebih banyak panas dari biasanya dari dalam perangkat Anda.

Namun, kombinasi pemrosesan dan pengisian daya yang tinggi ini semakin meningkatkan produksi panas, sehingga menyebabkan panas berlebih.

Lepaskan Casing saat Mengisi Daya

Jika Anda menggunakan casing yang besar, panasnya bisa terperangkap. Jika ponsel tampak terlalu panas, lepaskan casingnya sebelum mengisi daya.

Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Pembaruan sistem operasi dan aplikasi sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan efisiensi yang dapat mengurangi panas. Pastikan HP Anda selalu dalam kondisi terupdate.

Istirahatkan HP

Memberikan waktu istirahat pada HP setelah penggunaan berat adalah langkah yang baik. Matikan HP atau setidaknya biarkan dalam mode stand-by untuk beberapa saat agar suhu bisa kembali normal.

Dengan menerapkan cara dan tips di atas, Anda dapat mencegah HP terlalu cepat panas dan menjaga performa serta usia perangkat lebih lama. Jaga selalu kesehatan HP Anda agar tetap berfungsi optimal dalam jangka waktu yang panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawaslu RI Sebut Tahapan Pilkada 2024 Rawan Gesekan

News
| Kamis, 13 Juni 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement