Advertisement

Apple Akan Rilis iPhone Lipat, Ini Respons Samsung

Rika Anggraeni
Kamis, 25 Juli 2024 - 11:47 WIB
Sunartono
Apple Akan Rilis iPhone Lipat, Ini Respons Samsung iPhone SE 2020 vs iPhone SE 2022 - PhoneArena

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Samsung Indonesia merespons kabar Apple akan merilis proyek iPhone lipat (foldable) pada awal 2026. Seperti diketahui, Samsung merupakan pionir pemain smartphone (ponsel pintar) yang memiliki model foldable.

Samsung baru saja merilis Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 yang dibekali dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan bahwa Samsung akan tetap memantau perkembangan yang terjadi di pasar dengan melihat permintaan dari konsumen, di tengah kabar Apple yang akan merilis ponsel pintar bergaya lipat.

Advertisement

BACA JUGA : Samsung Segera Luncurkan Galaxy Z Fold 6, Kabarnya Lebih Tipis

“Kalau kita lihat kan itu masih lama, ya [Apple akan merilis iPhone lipat pada 2026]. Kami tetap melihat perkembangan dari segi permintaan konsumen dan juga dari animo, jadi sudut pandang Samsung adalah kami mendengarkan dari apa yang konsumen butuhkan,” kata Verry saat ditemui seusai acara bertajuk New Ways to Unfold the Magic with Galaxy Z Flip6 | Z Fold6 di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Proyek iPhone dikabarkan dapat dilipat secara horizontal, seperti Samsung Galaxy Z Flip bergaya clamshell. Pada Februari, The Information sempat melaporkan bahwa Apple sedang dalam tahap awal mengembangkan dua prototipe ponsel lipat. Apple dilaporkan masih bekerja untuk meratakan lipatan yang muncul ketika ponsel dibuka dan juga mencoba untuk membuat perangkat lebih tipis.

Rumor terbaru menunjukkan Apple sedang mengerjakan perangkat lipat seperti MacBook yang dapat mulai dikirimkan pada 2026. Selain itu, The Information juga menyebut bahwa Apple mungkin bersiap-siap untuk meningkatkan iPhone tahun depan dengan bukaan mekanis yang akan memungkinkan pengguna mencapai efek kedalaman bidang yang mengaburkan latar belakang gambar sambil menjaga subjek tetap fokus.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Apple berada di posisi kedua dengan pertumbuhan pengiriman ponsel sebesar 1,5% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal II/2024 dari 44,5 juta unit menjadi 45,2 juta unit HP.

BACA JUGA : Samsung Galaxy Z Flip5 Anda Bisa Lebih Keren dengan Mengatur Widget, Ini Caranya

Data tersebut menunjukkan Apple berhasil merebut 15,8% pangsa pasar pada enam bulan pertama 2024. Namun, pangsa pasar Apple pada kuartal II/2023 mampu mencapai 16,6%. Di sisi lain, Samsung masih betah di posisi pertama dalam pengiriman smartphone (ponsel pintar) secara global pada kuartal II/2024.

Tercatat, pengiriman ponsel Samsung naik tipis 0,7% yoy dari 53,5 juta unit pada kuartal II/2023 menjadi 53,9 juta unit pada periode yang sama tahun ini. Namun, secara pangsa pasar turun dari 20% pada kuartal II/2023 menjadi 18,9% pada kuartal II/2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement