Advertisement

Starlink Bisa Terhubung Gratis ke HP, Ini Tanggapan Kominfo

Rika Anggraeni
Sabtu, 31 Agustus 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Starlink Bisa Terhubung Gratis ke HP, Ini Tanggapan Kominfo Ilustrasi Starlink.Starlink - SpaceX

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk ternyata bisa terhubung langsung ke handphone (hp) alias direct-to-cell secara gratis. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pun angkat bicara terkait masalah tersebut.

Untuk diketahui, layanan Starlink direct-to-cell bekerja sama dengan T-Mobile menawarkan layanan darurat gratis di seluruh dunia.

Advertisement

Direktur Telekomunikasi Kemenkominfo, Aju Widya Sari, mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap Starlink, jika layanan milik Elon Musk itu menawarkan internet gratis di Indonesia.

BACA JUGA: Layanan Internet Gratis Pemkab Sleman untuk Pendidikan dan Ekonomi

“Yang pastinya kami akan evaluasi. Kami akan panggil Starlink kenapa menerapkan seperti itu [direct-to-cell Starlink masuk gratis di Indonesia], karena pasti harus ada upaya untuk menjaga persaingan usaha,” kata Aju saat ditemui seusai acara Ngopi Bareng di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Aju menjelaskan bahwa mekanisme suatu layanan internet beroperasi di Indonesia tetap sesuai dengan yang terjadi di pasar, termasuk dalam melakukan promosi ke masyarakat.

“Jadi kalau ada penyelenggara yang menawarkan produk sesuai dengan strategi marketing-nya, pemerintah tidak intervensi,” tuturnya.

Namun, Aju menekankan bahwa Kemenkominfo tetap melakukan evaluasi dari sisi kinerja maupun tarif layanan internet setiap tahun terhadap penyelenggara internet, termasuk Starlink. Ini dilakukan agar mengetahui jika penyelenggara internet melakukan persaingan yang tidak sehat.

“Di sini, semua penyelenggara kita lakukan evaluasi yang berkaitan dengan apakah ada praktik yang mengarah pada persaingan tidak sehat, terutama di urusan tarif,” jelas Aju.

Dia menjelaskan bahwa indikasi persaingan tidak sehat akan dicegah melalui evaluasi tarif, termasuk tarif layanan internet yang terlalu rendah.

BACA JUGA: Buntut Kerusuhan Hebat, Inggris Perketat Konten Ilegal di Internet

Dalam kasus ini, Aju menuturkan bahwa Kemenkominfo akan memanggil penyelenggara terkait untuk memperbaiki tarif agar persaingan di pasar menjadi sehat. 

“Tetapi intinya tidak ada intervensi pemerintah ke pasar, hanya tarif itu akan dilakukan evaluasi secara rutin. Karena ini juga berkaitan dengan mekanisme pengenaan batas tarif, misalnya,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Aju, Kemenkominfo tidak bisa secara langsung menyebut suatu penyelenggara melakukan predatory pricing. “Ada mekanismenya. Mekanisme itu ada regulasinya,” ujarnya.

Dilansir dari Teslarati, Jumat (30/8/2024), layanan Starlink direct-to-cell akan bekerja sama dengan T-Mobile menawarkan layanan darurat gratis di seluruh dunia. Adapun, SpaceX dan T-Mobile diperkirakan akan meluncurkan Starlink Cellular pada musim gugur tahun ini.

Dalam surat kepada Komisi Komunikasi Federal (FCC), SpaceX menyampaikan bahwa Starlink dan T-Mobile akan menyediakan Peringatan Darurat Nirkabel kepada semua orang, termasuk pelanggan non-T-Mobile, di area yang tidak memiliki cakupan terestrial.

Elon Musk menjelaskan bahwa layanan direct-to-cell Starlink dapat membantu orang-orang yang terdampar di hutan belantara atau dalam kesulitan. Musk mengonfirmasi bahwa layanan seluler Starlink akan menyediakan akses layanan darurat di seluruh dunia, tunduk pada persetujuan pemerintah negara.

Layanan darurat Starlink muncul mirip dengan fitur SOS Darurat milik Apple, yang tersedia untuk iPhone 14 dan yang lebih baru. Komisaris FCC GOP Brendan Carr mencatat layanan Starlink direct-to-cell diperkirakan akan menguntungkan komunikasi keselamatan publik dan responden pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement