Advertisement

Pembaharuan Apple iOS 14.8 Bisa Tangkal Pembobolan oleh Pegasus Israel

Newswire
Selasa, 14 September 2021 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Pembaharuan Apple iOS 14.8 Bisa Tangkal Pembobolan oleh Pegasus Israel iPhone X - independent.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sistem operasi terbaru milik Apple disebut-sebut bisa menangkal pembobolan keamanan pengguna.

iOS 14.8 dirilis untuk memperbaiki kelemahan kerentanan CoreGraphics dan WebKit yang pertema ditemukan di Citizen Lab, organisasi pengawas keamanan siber Kanada.

Advertisement

Nantinya, update sistem operasi ini bisa mengidentifikasi eksploitasi iMessage tanpa klik oleh NSO Group, perusahaan spyware Pegasus dari Israel.

Pembaruan untuk perangkat iPhone ini mungkin tidak menarik, karena tidak membawa banyak hal baru. 

Namun update ini benar-benar memperbaiki beberapa celah keamanan penting, dan disarankan agar pengguna segera memperbaruinya. 

“Pembaruan tersedia untuk semua model iPhone, mulai dari iPhone 6s termasuk yang lebih baru,” bunyi pengumuman dari Apple 14 September 2021, dikutip dari Tempo.

Perangkat lunak Pegasus telah berada di bawah pengawasan ketat sejak penyelidikan media internasional mengklaim software itu digunakan untuk memata-matai ponsel aktivis hak asasi manusia, jurnalis, dan bahkan kepala negara.

Peneliti di Citizen Lab menemukan masalah tersebut saat menganalisis ponsel seorang aktivis asal Arab Saudi yang telah disusupi dengan kode tersebut.

Menurut Citizen Lab, perusahaan spyware NSO Group menggunakan kerentanan untuk mengeksploitasi dan menginfeksi perangkat Apple terbaru dengan spyware Pegasus dari jarak jauh. 

Pada Maret lalu, Citizen Lab memeriksa ponsel aktivis dan memutuskan bahwa itu diretas dengan spyware Pegasus via iMessage. 

Pegasus bahkan tidak perlu mengharuskan pengguna telepon untuk mengklik tautan apapun untuk dia bisa menyusup.

Apple mengatakan, pihaknya telah 'dengan cepat' mengembangkan pembaruan menyusul penemuan masalah di Citizen Lab. 

Menurut perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino Amerika Serikat itu, serangan itu sangat canggih dan membutuhkan biaya jutaan dolar untuk dikembangkan. 

“Serta sering kali memiliki umur simpan yang pendek, dan digunakan untuk menargetkan individu tertentu," kata Apple sambil menambahkan bahwa pembaruan juga tersedia di iPad (Air 2 dan yang lebih baru), iPod touch, macOS Big Sur 11.6, macOS Catalina, dan watchOS 7.6.2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement