Advertisement

Berisiko Kebakaran, Ford Motor Tarik 100.000 Kendaraan Hibrida dari Pasar

Newswire
Minggu, 10 Juli 2022 - 04:47 WIB
Sirojul Khafid
Berisiko Kebakaran, Ford Motor Tarik 100.000 Kendaraan Hibrida dari Pasar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tersebab adanya risiko kebakaran pada produknya, perusahaan otomotif Ford Motor Co menarik kembali 100.000 kendaraan hibrida yang beredar di Amerika Serikat.

Dikutip dari Antara, Sabtu (9/7/2022), penarikan kembali kendaraan produk Ford tersebut karena adanya laporan insiden kebakaran mobil mereka. Ford menyampaikan produk yang ditarik mencakup Ford Escape, Maverick, dan Lincoln Corsair model tahun 2020 hingga 2022 dengan mesin Hybrid/Plug-In Hybrid 2.5 liter.

Advertisement

Ford menjelaskan jika terjadi kegagalan mesin, sejumlah besar oli mesin dan uap bahan bakar dapat menumpuk di dekat sumber pembakaran, yang mengakibatkan potensi kebakaran di bawah kap mesin.

BACA JUGA: Ingin Hadirkan Mobil Listrik Murah, K-Upgrade Jual Produknya Rp75 Juta

Diler akan memodifikasi Under Engine Shield dan Active Grille Shutter untuk mengatasi masalah keamanan. Kendati demikian belum ada laporan kecelakaan atau cedera terkait masalah ini.

Selain itu, Ford secara terpisah memperluas penarikan Mobil Ford Expedition 2021 dan SUV Lincoln Navigator untuk risiko kebakaran di bawah kap sebanyak 27.000 kendaraan.

Penarikan dilakukan setelah lima kebakaran tambahan dilaporkan menyusul penarikan 39.000kendaraan yang diumumkan pada Mei 2022, setelah adanya 16 laporan kebakaran. Satu cedera telah dilaporkan.

Pembuat mobil terbesar nomor dua di AS tersebut masih menyarankan pelanggan untuk memarkir kendaraan tersebut di luar hingga perbaikan selesai.

Kendaraan diduga dapat menimbulkan risiko kebakaran di bawah kap, termasuk saat kendaraan diparkir dan dimatikan.

BACA JUGA: Beberapa Tahun Lagi, Harga Mobil Listrik Bakal Samai Kendaraan BBM

Ford mengatakan telah menarik suku cadang mobil Ford yang tersedia untuk sekitar sepertiga kendaraan dengan sistem kipas pendingin 800 watt.

Kendati demikian, Ford tidak akan memiliki semua suku cadang yang tersedia untuk kendaraan dengan sistem kipas pendingin bertenaga 700 watt hingga September nanti.

Ford yakin penyebab kebakaran mobil produknya ini dapat ditelusuri dari perubahan lokasi manufaktur oleh pemasok selama pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekjen PDIP Berterima Kasih kepada Rakyat karena Kembali Menangi Pileg 2024

News
| Senin, 22 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement