Advertisement

MarketHac Jelaskan Alasan Masyarakat Belum Minat Beli Ponsel 5G

Khadijah Shahnaz
Jum'at, 22 Juli 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
MarketHac Jelaskan Alasan Masyarakat Belum Minat Beli Ponsel 5G iPhone SE 2022 - Apple

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—MarketHac menilai minat Indonesia terhadap ponsel 5G belum optimal. Salah satunya lantaran harga ponsel jenis tersebut masih mahal.

Teknologi komunikasi 5G sudah hadir di Indonesia sejak 2021. Tetapi jika dilihat dari cakupan jaringan, saat ini baru 13 kota yang memiliki koneksi 5G termasuk Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Advertisement

Di sisi lain, sejak awal tahun ini Google Trends menangkap minat masyarakat terhadap ponsel 5G di Indonesia. Pencarian kata kunci 5G mencapai puncaknya pada April 2022, di mana tren ini meningkat 90 persen jika dibandingkan dengan search query 5G pada Desember 2021.

Berdasarkan riset dari MarketHac di beberapa platform e-commerce, penjualan ponsel 5G terutama di semester I/2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Penjualan ponsel 5G pada akhir kuartal II/2022 memberikan kontribusi sebesar 9,3 persen dari total penjualan ponsel setiap bulan.

BACA JUGA: Harga dan Spesifikasi Nokia Edge 2022 Sempat Viral, Cek Kebenarannya

Total penjualan ini meningkat 1,6 persen dibandingkan tahun lalu dimana penjualan ponsel 5G hanya menyumbangkan 7,7 persen dari rata-rata seluruh penjualan ponsel yang dibeli secara online di Indonesia setiap bulannya. Director Insignia Richard Ho menilai minat masyarakat Indonesia terhadap ponsel 5G masih belum optimal dikarenakan konsumen tidak mempunyai banyak pilihan.

Dari jumlah merchant yang menjual produk smartphone 5G di e-commerce sepanjang tahun ini, baru sekitar 25 persen dari total jumlah toko online yang menjual ponsel dengan jaringan teranyar tersebut.

Tak hanya itu, varian tipe ponsel 5G yang tersedia pun tidak banyak, hanya satu dari tujuh diantaranya yang merupakan ponsel 5G. MarketHac mencatat penjualan smartphone 5G terlaris di e-commerce hingga Juni 2022 adalah Xiaomi Redmi Note 10 yang mencapai lebih dari 100 ribu unit.

BACA JUGA: Harga Rp5 Jutaan, Ini Spesifikasi dan Keunggulan Xiaomi 12 Lite 5G

Harga ponsel 5G Xiaomi masih di bawah merek lain yang rata-rata harganya di atas Rp5 juta. Samsung Galaxy A52s dan IPhone 13 Pro merupakan ponsel 5G terlaris kedua dan ketiga.

“Dari data yang dikumpulkan, kami melihat bahwa banyak orang yang berminat dengan ponsel 5G atau sudah mulai ingin memanfaatkan layanan 5G. Namun harga ponsel yang masih tinggi dan cakupan area yang masih terbatas tampaknya membuat orang menahan dari untuk membeli ponsel 5G,” ujar Richard dalam keterangan resmi pada Kamis (21/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement