Advertisement

TKDN Resmi Wuling Air Ev dan Ioniq 5 Capai 40 Persen, Diklaim Produksi Lokal

Kahfi
Kamis, 08 September 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
TKDN Resmi Wuling Air Ev dan Ioniq 5 Capai 40 Persen, Diklaim Produksi Lokal Interior Ioniq 5 BEV. - hYUNDAI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Proyek pengembangan mobil listrik di Indonesia kian semarak. Hal ini seiring kehadiran berbagai produk dari berbagai prinsipal, salah duanya adalah Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5. Bahkan keduanya digadang-gadang sebagai pionir industri mobil listrik di Indonesia sejalan dengan rencana lokalisasi produk.

Teranyar, PT SGMW Motor Indonesia memamerkan langsung mobil listrik mini Wuling Air ev pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang dihelat pada pertengahan Agustus kemarin. Bahkan, Wuling Air ev ini tampil memukai dengan menyandang status mobil listrik yang dibanderol di kisaran di bawah Rp300 jutaan. Secara tampilan, Wuling Air ev mencerminkan tren mobilitas futuristik, berbasis listrik dan berbodi mungil.

Advertisement

Tidak sampai di situ, Wuling Air ev inipun diperkenalkan sebagai produk mobil listrik yang siap diproduksi di Indonesia. Lantas berapa Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang terkandung dalam Wuling Air ev untuk menegaskan predikat produk lokal tersebut?

BACA JUGA: Pebalap Astra Honda Harumkan Nama Indonesia di Thailand Talent Cup

Berdasarkan situs tkdn.kemenperin.go.id, PT SGMW Motor Indonesia telah mengantongi dua sertifikat TKDN. Keduanya tertera untuk kendaraan berbasis listrik Wuling Air ev, yang menerangkan nilai TKDN sebesar 40,4 persen yang telah diverifikasi PT Surveyor Indonesia.

Sementara, Hyundai Ioniq 5 yang sama menyandang status sebagai produk mobil listrik dibesut di Indonesia telah meluncur secara resmi pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada Maret lalu. Ioniq 5 merupakan model mobil crossover listrik. Banderol harga Ioniq 5 berada pada rentang Rp718 juta hingga Rp829 juta.

Berdasarkan data situs yang sama, Ioniq 5 terdaftar atasnama perusahaan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Berdasarkan informasi sertifikat TKDN, Ioniq 5 memiliki nilai 49,0 persen yang telah diverifikasi PT Surveyor Indonesia.

BACA JUGA: Alternatif Kendaraan, Berikut Daftar Motor Listrik di Bawah Rp20 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement