Advertisement

Gara-Gara Video TikTok, Bos Apple Dipecat

Khadijah Shahnaz
Senin, 03 Oktober 2022 - 09:57 WIB
Sirojul Khafid
Gara-Gara Video TikTok, Bos Apple Dipecat Toko resmi Apple di salah satu pusat perbelanjaan di Moscow, Rusia - Times of Israel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Salah satu eksekutif senior Apple Inc. dipecat akibat video viral di TikTok. Mantan Vice President Procurement Apple tersebut dipecat setelah membuat lelucon dia membelai "perempuan berpayudara besar" untuk mencari nafkah.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (30/9/2022) dalam video yang diterbitkan pada 5 September, Tony Blevins dari Apple didekati oleh konten kreator TikTok dan Instagram Daniel Mac sebagai bagian dari seri "Dia bertanya pemilik mobil mahal pekerjaan mereka". 

Advertisement

Tony dihentikan Daniel Mac, saat memarkir Mercedes-Benz SLR McLaren, mobil sport yang sudah tidak diproduksi lagi.

Ketika ditanya apa yang dia lakukan untuk mencari nafkah, Blevins berkata, "Saya punya mobil, kaya, bermain golf, dan membelai perempuan berpayudara besar, tetapi saya mengambil akhir pekan dan hari libur besar," menurut keterangan video. Dia juga menggembar-gemborkan bahwa dia memiliki "rencana gigi yang sangat bagus."

Pada kenyataannya, Blevins adalah wakil presiden pengadaan Apple dan bertanggung jawab atas kesepakatan yang mencolok dengan pemasok dan mitra. Dia baru-baru ini bekerja pada perjanjian satelit perusahaan dengan Globalstar Inc., memimpin negosiasi modem seluler dengan Qualcomm Inc. dan Intel Corp., dan bertanggung jawab untuk menurunkan biaya banyak bagian penting yang masuk ke perangkat seluler Apple.

BACA JUGA: Gegara Brand Ambassador, Warganet Filipina Serukan Boikot Shopee

Setelah penyelidikan internal atas masalah ini, tim Blevins yang mencakup sekitar setengah lusin laporan langsung dan beberapa ratus karyawan dikeluarkan dari komandonya, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut.

Seorang juru bicara Apple mengatakan pada hari Kamis lalu (29/9/202) bahwa Blevins akan meninggalkan perusahaan yang berbasis di Cupertino, California.

Blevins telah menjadi bagian dari sekitar 100 orang kelompok wakil presiden di Apple dan salah satu dari hanya sekitar 30 eksekutif yang melapor kepada Chief Executive Officer Tim Cook atau Chief Operating Officer Jeff Williams. Williams telah menjadi bos Blevins untuk sebagian besar karirnya, meskipun dia secara singkat melaporkan kepada Sabih Khan, wakil presiden senior operasi Apple, menurut orang-orang.

Sebagai informasi, video TikTok diambil di sebuah pameran mobil yang dihadiri Blevins bulan lalu di Pebble Beach, California. Pernyataannya dalam klip berdurasi 25 detik merujuk pada kalimat dari film Arthur tahun 1981, di mana karakter utama Arthur Bach menggambarkan karirnya sendiri: “Saya balapan mobil, bermain tenis, dan membelai wanita, tetapi saya memiliki libur akhir pekan dan saya adalah bos saya sendiri. ”

Video itu mengumpulkan lebih dari 40.000 penyuka di Instagram dan 1,3 juta tampilan di TikTok. Setelah klip itu diterbitkan, beberapa anggota tim operasi dan pengadaan Apple melaporkannya ke departemen sumber daya manusia, kata orang-orang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena situasinya bersifat pribadi. Perusahaan kemudian meluncurkan penyelidikan, kata mereka.

BACA JUGA: Huawei Cloud Indonesia Akan Meluncur Tahun Ini

Video tersebut menjadi topik diskusi di antara karyawan Apple dalam beberapa pekan terakhir, dengan beberapa orang mengungkapkan kemarahan tentang komentarnya  terutama mengingat eksekutif lain, termasuk Cook dan Williams, secara terbuka memperjuangkan keragaman tenaga kerja dan pemberdayaan perempuan menurut orang-orang. Video tersebut juga mulai menyebar di kalangan karyawan di beberapa pemasok utama perusahaan.

Kepergian Blevins membuka kekosongan di Apple. Dia telah menjadi bagian integral dari kesuksesan perusahaan selama dua dekade terakhir, menurut karyawan yang mengetahui pekerjaannya.

Dia mungkin sulit untuk digantikan, mengingat pemahamannya tentang rantai pasokan Apple dan keterampilan negosiasinya, kata mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement