Advertisement

HuggieBot 3.0, Robot yang Bisa Dipeluk Jika Merasa Kesepian

Lajeng Padmaratri
Rabu, 21 Desember 2022 - 22:07 WIB
Lajeng Padmaratri
HuggieBot 3.0, Robot yang Bisa Dipeluk Jika Merasa Kesepian HuggieBot 3.0. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MUNICH—Hampir semua orang senang rasanya dipeluk seseorang yang disayang. Namun, jika dipeluk robot, apakah rasanya sama?

Sebuah robot dirancang tim di Max Planck Institute for Intelligent System Jerman untuk memberikan pelukan yang sempurna. Robot yang dinamai HuggieBot 3.0 itu kini telah dibuat dalam iterasi ketiga.

Advertisement

Melansir Oddity Central, Alexis E. Block dan teman-temannya yang terlibat dalam proyek itu selama bertahun-tahun membuat robot yang dapat memberikan pelukan seperti manusia. Ia bahkan didesain menggantikan manusia dalam berbagai kebutuhan, seperti memberikan kenyamanan bagi yang kesepian.

Ia mulai mengerjakan robot ini pada 2016 untuk mendapatkan gelar master di bidang robotika. Pencipta HuggieBot 3.0 mengklaim bahwa inovasi ini merupakan robot pelukan seukuran manusia pertama yang sepenuhnya otonom dalam mengenali dan merespons gerakan pelukan penggunanya.

Robot ini menampilkan sistem penginderaan khusus yang disebut HuggieChest yang menggabungkan dua ruang polivinil klorida yang digelembungkan untuk meniru dada yang lembut. HuggieBot 3.0 didesain memeluk dengan sepasang lengan Kinova JACO yang dipasang pada bingkai logam khusus yang dipilih karena bersifat antropomorfik, tenang, dan aman.

Saat pelukan terjadi, sensor tekanan udara dan mikrofon di dalam dada buatan robot mendeteksi sentuhan manusia dan mulai mentransmisikan data melalui papan mikrokontroler Arduino Mega ke komputer berbasis Robot Operating System (ROS) yang terletak di cetakan kepala. Sebagai respon, HuggieBot 3.0 dapat tetap diam, bergerak sedikit secara vertikal, menepuk punggung, hingga menekan dengan berbagai tingkatan.

Pencipta mengakui bahwa robot ini tidak sempurna hingga terasa memeluk orang sungguhan. Namun, mereka sudah siap dengan versi keempat yang akan dilengkapi dengan teknik pelukan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

NasDem Beberkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Surya Paloh di Istana

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement