Advertisement

Tips Bikin Reels Instagram Menarik dengan Modal Canva

Abdul Hamied Razak
Senin, 02 Januari 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Tips Bikin Reels Instagram Menarik dengan Modal Canva Ilustrasi medsos

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Saat ini, pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik konvensional maupun digital. Pemasaran digital menjadi pilihan yang cenderung diminati karena lebih efektif dan efisien. 

Secara umum, pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuannya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ada banyak jenis konten yang bisa menjadi pilihan seperti konten tulisan, audio, visual, serta audio visual. Memahami tren tersebut, Widya Analytic berkolaborasi dengan Canionyy mengadakan webinar bertema Bikin Reels Atraktif Modal Canva?. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Content Specialist Fiony Angelika menyampaikan berdasarkan data dari We Are Social 2020, konten video adalah konten yang paling banyak ditonton dan berguna untuk pemasaran online. Karena lebih eye catching, menarik, serta tidak monoton sehingga bisa menyentuh sisi emosional orang yang menonton konten tersebut. 

"Hal ini membuat konten video terus meningkat dari hari ke hari. Contohnya, di Instagram sebagai salah satu sosial media yang populer saat ini, sudah banyak kita temukan konten video yang dibagikan dalam bentuk reels," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (2/1/2023).

Guna mendapatkan hasil yang maksimal dari reels yang dibagikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Konten yang dibuat harus sesuai dengan target audiens yang telah ditentukan di awal. "Kita juga harus mengenali kesan brand atau personal brand yang ingin ditampilkan sehingga lebih mudah diingat oleh audiens," katanya.

Konten Kreator bisa menentukan pembahasan apa yang akan dibahas serta jenis konten seperti apa yang ingin dibuat, misal jenis konten hiburan, edukasi, bisnis, dan lain-lain. "Setelah semua itu, kita wajib membuat hook di 3-5 detik pertama. Hook inilah yang akan menentukan apakah audiens akan lanjut menonton atau malah melewatkan begitu saja video yang kita bagikan," katanya.

Dia mengatakan hook sebaiknya dibuat unik dan out of the box serta bisa juga memakai editan video seperti kalimat, ekspresi wajah. Selain membuat hook, konten kreator perlu menambahkan voice over agar bisa menjadi pilihan untuk melengkapi informasi yang ada. 

Fio mengingatkan hal terpenting adalah usahakan untuk mengunggah konten secara konsisten. Semakin seseorang rajin  mengunggah konten, audiens akan semakin mengenali brand atau produk yang kamu punya.

"Khusus untuk reels, tambahkan thumbnail supaya lebih rapi dan seragam. Bisa memakai ukuran 1080 x 1920 px untuk membuat konten kita mempunyai ciri khas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Subsidi Program Biodiesel Dinilai Untungkan Korporasi Besar

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement