Advertisement

Ini Waktu Paling Pas untuk Posting Dagangan di TikTok

Arlina Laras
Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:57 WIB
Budi Cahyana
Ini Waktu Paling Pas untuk Posting Dagangan di TikTok TikTok yang dikelola oleh ByteDance. - Bloomberg/Brent Lewin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mem-posting atau mengunggah dagangan di Live TikTok atau TikTok Shop butuh waktu yang pas untuk memperoleh engagement yang besar dan mendorong penjualan.

Waktu posting video TikTok menjadi aspek yang penting karena ini berkaitan dengan memaksimalkan berapa banyak orang yang melihat konten Anda sebelum hilang di FYP. Di tiap detiknya ada ratusan konten video baru yang diunggah di TikTok. 

Advertisement

Bahkan video yang fantastis dengan musik, visual dan elemen bagus lainnya,  bisa saja hilang dalam sekejap apabila tidak cukup banyak orang yang melihatnya ataupun menyukainya dalam hitungan menit atau jam. 

Sebaliknya, jika Anda memposting konten di TikTok pada waktu yang tepat, akan lebih banyak orang akan melihat konten tersebut, dan ini akan membuat engagement Anda menjadi besar.

Waktu terbaik untuk mem-posting di TikTok sangatlah bervariasi di tiap harinya, meski begitu semua orang orang selalu menggunakan TikTok. Sepertinya tidak ada waktu "mati" untuk platform ini, karena faktanya orang di dunia hampir semua bermain TikTok di seluruh dunia.

Bahkan ketika orang Amerika sedang tidur, maka orang-orang di belahan dunia lain, seperti di China, Indonesia masih tetap terjaga dan banyak yang melakukan scrolling konten TikTok. Selain itu, banyak orang menelusuri TikTok pada waktu yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula. 

Beberapa penelitian telah menentukan waktu umum terbaik untuk memposting di TikTok. Menurut Influencer Marketing Hub, waktu terbaik untuk memposting di TikTok (Waktu Standar Timur EST) adalah:

1. Selasa jam 9 pagi

2. Kamis jam 12 siang

3. Jumat jam 5 pagi

Selain itu, studi Influencer Marketing Hub menemukan waktu-waktu berikut memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan waktu lainnya sepanjang minggu (juga dalam EST):

1. Senin jam 6 pagi, 10 pagi, dan 10 malam

2. Selasa jam 2 pagi, 4 pagi, dan 9 pagi

3. Rabu jam 7 pagi, 8 pagi, dan 11 malam

4. Kamis pukul 09.00, 12.00, dan 19.00

5. Jumat jam 5 pagi, 1 siang, dan 3 sore

6. Sabtu pukul 11.00, 19.00, dan 20.00

7. Minggu pukul 07.00, 08.00, dan 16.00

Analisis Hootsuite terhadap 30.000 postingan menemukan waktu terbaik untuk mem-posting di TikTok untuk keterlibatan yang tinggi adalah Kamis pukul 19.00. Meskipun tidak ada data yang memperkuat alasan mengapa hari Kamis pukul 19.00 adalah yang terbaik, tapi ini bisa jadi strategi yang bisa Anda pertimbangkan.

Tapi, penting dicatat bahwa waktu ini tidak berlaku untuk semua bisnis. Jika, Anda memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang audiens target spesifik Anda, Anda mungkin menemukan waktu tertentu yang lebih efektif dalam menghasilkan interaksi yang tinggi.

Memang, setiap bisnis, influencer, atau individu memiliki waktu terbaik yang berbeda untuk memposting di TikTok. Jika Anda dapat mengetahui waktu terbaik untuk memposting konten spesifik dan unik Anda di TikTok, Anda akan dapat menumbuhkan audiens lebih cepat dan memaksimalkan tingkat keterlibatan secara keseluruhan.

Bagaimana Anda menentukan waktu terbaik untuk memposting di TikTok ?

Namun, jika Anda masih bingung terkait dengan waktu posting untuk akun TikTok bisnis. Anda bisa mencari tahu jam posting TikTok dengan melakukan beberapa cara berikut:

1. Teliti audiens Anda

Sebagai permulaan, selalu lakukan banyak riset pasar. Secara khusus, Anda harus mempelajari lebih lanjut tentang audiens target Anda sebelum memasarkan. 

Menentukan audiens target Anda memungkinkan Anda mengetahui jenis orang yang paling mungkin menonton konten Anda atau mengonsumsi produk Anda. Dengan informasi tersebut, Anda bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk aktif di TikTok. 

2. Perhatikan analitik Anda

Jangan lupa untuk melihat analitik pemirsa TikTok Anda . Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat video Anda secara gratis. Sedangkan, jika Anda ingin memeriksa memeriksa audiens secara lebih lengkap.  Anda cukup lakukan proses sederhana, seperti:

1. Buka profil Anda di aplikasi TikTok.

2. Ketuk menu Pengaturan dan Privasi – ini adalah tiga titik di pojok kanan atas.

3. Beralih ke Akun Pro, yang ditemukan di bawah opsi akun Manajemen.

4. Ikuti petunjuk di layar.

5. Kembali ke Pengaturan dan Privasi, lalu ketuk Creator Tools

6. Ketuk Analytics – Anda kemudian dapat melihat statistik audiens Anda.

7. Akses ke halaman analitik Anda sangat penting saat Anda bereksperimen dengan waktu posting konten yang berbeda. 

Berbekal informasi ini, Anda akan dapat melihat kapan Anda harus memposting di TikTok berdasarkan konsumsi konten sebelumnya, berapa banyak penayangan video terakhir Anda, dan lain-lain. 

Di bagian akun TikTok Anda ini, Anda juga dapat memeriksa faktor-faktor seperti:

1. Penayangan video dan rata-rata waktu menonton 

2. Tagar yang sedang tren.

3. Aktivitas pengikut, terletak di tab "Pengikut".

4. Lokasi penonton.

5. Wilayah teratas untuk pemirsa global Anda.

6. TikTok yang tengah trending

7. Hari terbaik dalam seminggu untuk keterlibatan pemirsa.

pengguna TikTok. 

Pada akhirnya, ini adalah alat yang ampuh untuk pemasaran media sosial dan merencanakan jadwal posting Anda.

3. Posting konten sesering mungkin

Secara alami, memposting konten di TikTok sesering mungkin adalah cara yang paling ampuh. Semakin banyak konten yang Anda posting, semakin banyak peluang audiens target Anda (dan audiens umum) untuk melihat merek Anda dan berinteraksi dengan konten tersebut.

Meskipun tidak ada data pasti tentang volume konten yang ideal untuk diunggah setiap hari, tapi sebagian besar pebisnis merekomendasikan untuk memposting dari satu hingga tiga postingan setiap hari.

Jangan khawatir jika konten Anda tidak menghasilkan keterlibatan yang cukup. Anda bisa memposting ulang di hari selanjutnya, itu bisa memberikan peluang lain untuk menjangkau audiens Anda dan memicu keterlibatan yang lebih tinggi.

Namun, pastikan untuk menghapus versi asli dari konten tersebut, agar orang tidak bingung dengan kedua versi dari video yang sama.

4. Ikuti kata influencer atau TikTokers

Terakhir, jangan takut untuk membaca pendapat orang lain mengenai waktu terbaik untuk memposting di TikTok. Algoritme TikTok selalu berubah, dan kebiasaan menonton basis pengguna TikTok juga sering berubah.

Oleh karena itu, Anda harus terus mengikuti perubahan algoritme dan menonton apa yang dilakukan oleh para influencer ternama di TikTok. Jika mereka merekomendasikan agar Anda memposting selama waktu tertentu, jalankan beberapa eksperimen dan lihat apakah Anda terjadi peningkatan pada interaksi brand Anda atau tidak. 

Banyak TikToker atau influencer mem-posting konten mereka secara bersamaan setiap hari, sementara yang lain percaya bahwa yang terbaik adalah mengikuti jadwal posting yang konsisten.

Anda mungkin menemukan cara terbaik untuk memposting konten pada waktu yang berbeda sepanjang hari dan minggu. Mengapa? Dengan memposting konten pada waktu yang berbeda, Anda akan mengekspos konten Anda ke lebih banyak orang, termasuk penonton TikTok secara umum.

Ini adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan audiens Anda, terutama jika Anda beroperasi atau memengaruhi dalam ceruk yang relatif sempit atau hanya untuk menghibur sekelompok kecil orang.

Konsistensi lebih efektif untuk mendorong interaksi, karena audiens Anda tahu kapan harus mengharapkan konten baru.

Setelah Anda memahami audiens target Anda, terlepas dari soal beragam strategi posting, Anda juga harus menyesuaikannya dengan audiens target spesifik yang ingin Anda jangkau.

Lakukan banyak riset dan rencanakan ke depan, maka Anda punya peluang lebih besar untuk mem-posting konten yang berhasil menarik perhatian banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Digadang-Gadang Cagub DKI, Ini Respons PDIP

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement