Advertisement

Mudah dan Cepat! Ini Cara Bikin Tanda Tangan Digital

Astrid Prihatini WD
Sabtu, 11 Februari 2023 - 15:57 WIB
Jumali
Mudah dan Cepat! Ini Cara Bikin Tanda Tangan Digital Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Pemakaiannya sudah familier, ketahui cara bikin tanda tangan digital yang ternyata sangat mudah. Tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik terenkripsi pada informasi digital seperti e-mail, makro, atau dokumen elektronik.

Tanda tangan mengonfirmasi bahwa informasi berasal dari penanda tangan dan belum diubah. Dikutip dari laman Microsoft untuk membuat tanda tangan digital, kamu harus memiliki sertifikat tanda tangan, yang membuktikan identitas. Saat kamu mengirim makro atau dokumen yang ditandatangani secara digital, kamu juga mengirim sertifikat dan kunci publik kamu.

Advertisement

BACA JUGA: Tanda Tangan Digital Bisa Cegah Tindakan Kejahatan

Sertifikat dikeluarkan oleh otoritas sertifikasi, dan seperti surat izin mengemudi, bisa dicabut. Sertifikat biasanya berlaku selama satu tahun, setelah itu, penanda tangan harus memperbarui, atau mendapatkan sertifikat tanda tangan yang baru untuk menetapkan identitas. Bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini cara bikin tanda tangan di Microsoft Word seperti dikutip dari dewaweb.com pada Selasa (7/2/2023):

1. Siapkan dahulu file tanda tangan

Sebelum menambahkan tanda tangan di Word, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan file tanda tangan di komputer. Jika belum dipersiapkan, kamu bisa menuliskan tanda tangan di selembar kertas menggunakan pulpen berwarna hitam.

2. Pindai file tanda tangan dan simpan di dalam komputer

Setelah memastikan bahwa kamu telah menuliskan tanda tangannya di selembar kertas, pindai dokumen tanda tangan tersebut dan simpan di dalam komputer. Jika tidak memiliki alat pindai, kamu bisa foto tulisan tanda tangan tersebut dengan ponsel.

3. Buka Microsoft Word

Cara bikin tanda tangan digital berikutnya adalah buka Microsoft Word di komputer dan masukkan dokumen gambar yang berisikan tanda tangan yang sudah kamu siapkan sebelumnya.


4. Pilih Insert dan Pictures

Untuk memasukkan dokumen yang berisikan tanda tangan, kamu bisa memilih fitur Insert, kemudian Pictures pada menu di sisi kiri atas Ms.Word.
Lalu pilih file gambar tanda tangan dan masukkan ke dokumen Word dengan klik Insert.

5. Klik tanda tangan dan pilih Format

Seusai berhasil memasukkan dokumen tanda tangan tersebut, pilih Format yang terdapat di menu bar untuk mengatur tampilannya.

6. Pilih Color dan Set Transparent Color

Cara bikin tanda tangan digital berikutnya adalah pilihlah warna. Agar tampilan tanda tangan sesuai dengan apa yang diinginkan, kamu bisa memilih opsi Color dan Set Transparent Color. Dengan begitu, background yang sebelumnya mengganggu penampilan dapat dihilangkan.

7. Terakhir, atur tata letak dan posisi tanda tangan

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mengatur tata letak dan posisi tanda tangan sesuai dengan dokumen akan ditandatangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement