Advertisement

Ini Gadget Perdana yang Pas untuk Si Kecil

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 18 Februari 2023 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Gadget Perdana yang Pas untuk Si Kecil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memberikan gadget perdana bagi anak perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Misalnya, memastikan perangkat itu aman dan nyaman untuk digunakan oleh anak dan mampu mendukung aktivitas belajar dan bermain mereka. 

Salah satu perangkat yang dapat menjadi pilihan gadget perdana untuk anak adalah Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Desainnya ringan dan ringkas dengan bobot hanya 366 gram dan ketebalan 8 mm saja. Body-nya kuat karena sudah menggunakan bahan metal. Layar 8,7 inci di tablet ini cukup luas untuk membantu anak belajar dan bermain serta bisa digunakan lebih lama karena baterai besar 5100mAh.

Advertisement

"Kami merancang perangkat ini yang aman dan nyaman digunakan, termasuk oleh anak-anak. Gagdet ini dilengkapi dengan fitur khusus anak Samsung Kids yang juga memungkinkan orang tua melakukan pengawasan penggunaan gadget berkat fitur parental control di dalamnya," kata Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Sabtu (18/2/2023).

Ringan dan Kuat

Tablet perdana untuk anak-anak sebaiknya memiliki desain yang ringan, mudah dioperasikan, dan dimensinya pas untuk dimasukkan ke dalam tas anak. Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi memiliki layar 8,7 inci, bobot hanya 366gram, dan ketebalan 8mm. Cukup ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa dan digunakan oleh anak. 

Body Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi terbuat dari material yang kuat, menyesuaikan dengan kegiatan anak-anak yang aktif. Orang tua tak perlu khawatir saat tablet ini digunakan oleh anak untuk menunjang berbagai aktivitasnya, baik saat mengikuti kelas online di dalam ruangan maupun melakukan observasi terhadap tumbuhan dan hewan untuk tugas IPA di halaman belakang rumah.

"Layar yang cukup luas dan jernih untuk membaca e-book, mengerjakan tugas-tugas sekolah di Google Classroom, atau mengikuti les online. Gadget ini dilengkapi dengan fitur eye comfort shield yang melindungi mata dari paparan sinar biru," katanya. 

Dikontrol Orang Tua

Gadget anak juga sebaiknya dapat diawasi penggunaannya oleh orang tua, supaya anak tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dengan gadget dan memiliki waktu istirahat yang cukup, serta aman dari berbagai bahaya siber. 

"Gadget ini dilengkapi dengan fitur parental control untuk mengamankan anak dalam penggunaan perangkat digital dan tidak terpapar konten yang tidak sesuai dengan usia. Melalui fitur ini, orang tua juga bisa mengatur screen time dan mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak, juga memantau situs atau aplikasi apa saja yang dibuka oleh anak," katanya.

Eksplorasi Kreativitas Anak

Gadget perdana sebaiknya bisa dimanfaatkan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kreativitas yang bermanfaat bagi anak. Gadget ini memudahkan anak-anak melakukan browsing untuk menambah pengetahuan maupun membantu mengerjakan tugas dengan lancar. 

"Melalui Youtube, anak bisa menonton video tutorial eksperimen sains membuat pelangi di dalam botol misalnya, atau tutorial memasak untuk menyalurkan hobi mereka. Anak-anak bisa menikmati beragam konten interaktif yang bisa diunduh sesuai minat, untuk menunjang kebutuhan belajar dan bermain anak," ujarnya.

Eratkan Hubungan

Orang tua dan anak bisa membangun interaksi yang akrab dengan gagdet ini. Contohnya, tablet ini bisa dipakai bersama oleh orang tua dan anak untuk nonton serial streaming favorit keluarga. "Diskusikan cerita yang baru saja ditonton, alur cerita, serta tokoh-tokohnya, supaya tayangan itu memberikan makna sekaligus membangun interaksi," ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement