Advertisement

Gibran Punya Royal Enfield Klasik, Ini Harga dan Spesifikasinya

Akhmad Ludiyanto
Rabu, 01 Maret 2023 - 13:07 WIB
Jumali
Gibran Punya Royal Enfield Klasik, Ini Harga dan Spesifikasinya Royal Enfield Classic - Royal Enfield

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Jika pada umumnya pejabat publik punya kendaraan terbaru dan modelnya modern, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata punya selera otomotif yang berbeda.

BACA JUGA: Viral, Gibran Diminta Warganet Aspal Jalan Godean

Advertisement

Gibran justru menyukai sepeda motor model klasik. Buktinya, Gibran punya Royal Enfield dan Honda CB-125 yang sama-sama bermodel klasik. Tidak hanya punya motor bertransmisi manual, Gibran juga punya motor model klasik lainnya yang bertransmisi otomatis atau matik, yakni Honda Scoopy.

Kepemilikan sepeda motor Gibran tersebut terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 atas namanya, yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 30 Januari 2023.

Nah, di antara tiga sepeda motor Gibran tersebut, mungkin banyak yang belum mengenal Royal Enfield.

Berikut harga dan spesifikasi Royal Enfield, sepeda motor Gibran:

Dalam LHKPN tersebut Gibran melaporkan bahwa Royal Enfield 2017 miliknya senilai Rp40 juta. Pada kali pertama dikeluarkan di Indonesia, motor ini dijual sekitar Rp70 juta-Rp80 juta.

Sementara itu, mengenai spesifikasi, sepeda motor Gibran, Royal Enfield ini merupakan kendaraan buatan Inggris. Ada dua varian Royal Enfield 2017 yakni Classic 350 dan Classic 500 cc. Kali ini, yang dibahas yang Royal Enfield Classic 500 ya.

Motor ini punya dimensi panjang 2.140 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1.090 mm, tidak terlalu tinggi untuk kaki orang Indonesia.

Penampilannya pun sangat klasik. Bisa terlihat dari lampu utama, lampu belakang, hingga panel speedometer yang berbentuk bulat. Kemudian spakbor yang dibuat melengkung serta tangki berkapasitas 13,5 liter terlihat klasik.

Sepeda motor ini punya suara khas yang timbul dari mesin yang lumayan besar dibandingkan motor lain di Indonesia. Namun suara ini masih lebih halus dibanding motor gede (moge) lainnya yang kapasitas mesinnya jauh di atasnya.

Mesin Royal Enfield ini bekerja dengan sistem 4 langkah (4 tak) dengan satu silinder di dalamnya.

Sepeda motor model ini untuk pengendaranya disediakan sadel khusus. Sadel ini ada penambahan per sehingga menambah kenyamanan pengendara.

Royal Enfield ini punya posisi setang yang agak ke belakang sehingga berkendara pun terlihat santai. Posisi footstep juga dibuat dalam posisi yang pas untuk pijakan kaki.

Sementara itu, mesin berkapasitas 499 cc motor ini menghasilkan tenaga maksimal 27,2 dk di 5.250 rpm, serta torsi maksimal 41,3 Nm di 4.000 rpm. Tenaga tersebut akan mendorong motor berbobot 164 kg tanpa awak ini melesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berani Berinovasi dengan Semangat Memperbaiki, Pesan Dirjen Imigrasi dalam Rakor Perwakilan Imigrasi

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement