Advertisement

Produsen Siapkan Layanan Purnajual dan Suku Cadang Motor Listrik

Anshary Madya Sukma
Minggu, 26 Maret 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Produsen Siapkan Layanan Purnajual dan Suku Cadang Motor Listrik Tampilan Motor Listrik Yadea G6 di IIMS 2023 - BISNIS - Anshary Madya Sukma.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) menyebut produsen motor listrik sudah menyiapkan layanan purnajual sebagai antisipasi dari lonjakan permintaan seiring adanya subsidi dari pemerintah.

Sekretaris Jenderal Aismoli, Hanggoro Ananta, mengatakan layanan purnajual ini sudah menjadi ketentuan yang pakem ketika perusahaan memproduksi suatu barang. Hal ini juga sudah tercantum dalam UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Advertisement

“Kalau dari layanan purnajual ini kan sudah menjadi satu ketentuan ketika memproduksi. Pada UU konsumen juga sudah diatur, kita produksi harus menyiapkan layanan purnajual salah satunya garansi,” kata Hanggoro kepada Bisnis, dikutip Minggu (26/3/2023).

BACA JUGA : Jogja Mulai Dibanjiri Motor Listrik

Selain garansi, dia juga menyampaikan bahwa produsen motor listrik sudah menyiapkan ketersediaan suku cadang, layanan servis di gerainya masing-masing.

“Kalau sudah terjun di sini [industri motor listrik], pastinya sudah siap dengan ketentuan itu layanan aftersales-nya, pasti disiapkan, tidak mungkin kita produksi barang terus ketersediaan suku cadangnya tidak dipikirkan,” ujarnya.

Asosiasi juga mewanti-wanti jika penyebaran motor listrik sudah tinggi, maka bengkel dan layanan servis harus bisa mengimbangi penyebaran produk. “Cuma dengan nanti ada distribusi yang cukup besar, seperti bengkel dan customer service harus bisa mengimbangi penyebaran produknya,” ujarnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini ada beberapa APM yang terdaftar di Aismoli yakni Volta, Viar, Selis, Magnum, Jarvis, Tomara, Polytron, United dan Smoot. Beberapa brand yang baru saja bergabung di dalam AISMOLI yakni Alva, HTM & Zero Motorcycles.

BACA JUGA : Daftar Motor Listrik di Indonesia, Mulai Rp9 Jutaan

Adapun, Bengkel Konversi yang tergabung Elders Garage dan Bintang Racing Team (BRT). Tidak hanya itu, asosiasi juga menargetkan pada tahun depan penjualan motor listrik lebih pesat. "Asosiasi berharap bisa menjual 2 juta unit pada tahun depan," ujar Ketua Umum Aismoli, Budi Setiyadi, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement