Advertisement

4 Raksasa Perusahaan Teknologi Optimistis Mengenai Masa Depan AI

Newswire
Senin, 01 Mei 2023 - 11:07 WIB
Jumali
4 Raksasa Perusahaan Teknologi Optimistis Mengenai Masa Depan AI Cara menggunakan chatGPT/tangkapan layar - Bisnis/Novita S. Simamora

Advertisement

Harianjogja.com JAKARTA—Sebanyak empat raksasa perusahaan teknologi yaitu Meta, Alphabet, Microsoft, dan Amazon merasa optimistis dengan investasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) besar-besaran dalam banyak aspek operasi mereka.

BACA JUGA: 8 Negara Percaya dengan Sistem AI

Advertisement

Eksekutif utama dari keempat perusahaan yaitu Mark Zuckerberg, Sundar Pichai, Satya Nadella, dan Andy Jassy yang berbicara dalam konferensi earning calls pekan lalu menyampaikan rencana mereka dalam menggunakan AI untuk meningkatkan produk dan layanan, menciptakan model sendiri, serta memanfaatkan kepopuleran teknologi tersebut.

AI disebutkan sebanyak 168 kali oleh Meta, Alphabet, Microsoft, dan Amazon dalam konferensi itu. Hal tersebut menunjukkan seberapa besar perhatian setiap orang terhadap transformasi teknologi kecerdasan buatan di Silicon Valley, seperti dilansir Business Insider, Minggu (30/4/2023).

Penyebutan tertinggi "AI" didapatkan lewat Alphabet sebanyak 64 kali. Eksekutif Alphabet, Sundar Pichai mengatakan telah menyematkan ragam ilmu komputer dan AI mendalam dalam pembaruan produknya tahun ini. Ia juga membahas soal peluncuran chatbot Bard pada bulan Maret yang sempat dikritik karena dianggap terlalu terburu-buru setelah debut ChatGPT OpenAI.

Di lain pihak dalam kesempatan tersebut, perusahaan Microsoft menyebutkan "AI" sebanyak 50 kali dan mengatakan tengah berupaya menggandakan investasi sebanyak 10 miliar dolar AS (hampir Rp147 triliun) saham di OpenAI.

Sedangkan pihak Meta juga menyiratkan optimisme, setelah "AI" mendapatkan penyebutan sebanyak 47 kali dari para investor, termasuk dari Mark Zuckerberg yang membahas "AI" sebanyak 27 kali. Ia mengatakan bahwa AI digunakan untuk membuat perangkat kreasi visual untuk pengguna Instagram.

Sementara Amazon yang menyebutkan "AI" sebanyak tujuh kali, menjelaskan akan mengembangkan model bahasa yang digunakan dalam chatbots, yang menurut analisis Eksekutif Andy Jassy menelan biaya miliaran dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkannya.

"Akan ada sejumlah kecil perusahaan yang ingin menginvestasikan waktu dan uang sebesar itu (untuk mengembangkan AI), dan Amazon akan menjadi salah satunya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement