Advertisement

Sepasang Kacamata Unik untuk Baca E-Book, Mirip Headset Virtual Reality

Lajeng Padmaratri
Rabu, 05 Juli 2023 - 23:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Sepasang Kacamata Unik untuk Baca E-Book, Mirip Headset Virtual Reality Ada perangkat baca e-book berbentuk sepasang kacamata. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penggemar buku elektronik atau e-book harus tahu teknologi ini. Kini, muncul perangkat baca e-book yang bentuknya menyerupai sepasang kacamata hitam yang bisa digunakan di wajah.

Jika biasanya perangkat baca e-book berbentuk tablet, kini muncul inovasi perangkat baca berbentuk sepasang kacamata. Dengan jenama Sol, gawai ini sekilas mirip headset virtual reality, namun nyatanya digunakan untuk membaca buku.

Advertisement

Melansir Oddity Central, Sol adalah gadget yang jauh lebih sederhana yang dirancang hanya sebagai e-reader hands-free atau perangkat baca bebas genggam. Dengan berat hanya sekitar 100 gram dan berbentuk seperti kacamata hitam, Sol diciptakan untuk pengalaman membaca yang lebih nyaman, seperti membaca buku sambil berbaring. 

Meski begitu, tetap saja alat ini tidak benar-benar bebas genggam. Pasalnya, untuk membalik halaman, pengguna harus menekan tombol pada pengontrol mirip jarak jauh.

Sol Reader menampilkan sepasang layar E Ink dengan lampu samping 1,3 inci, masing-masing mampu menampilkan 65.536 piksel. Perangkat ini juga memiliki penyesuaian diopter bawaan, sehingga orang yang memakai kacamata atau lensa kontak dapat menggunakannya tanpa memakai koreksi penglihatan tambahan. Salah satu keunggulan utama Sol adalah diduga memblokir semua gangguan visual dari luar, memungkinkan pembaca untuk fokus pada e-book.

Halaman-halaman e-book diproyeksikan dengan latar belakang gelap dan pengalaman membaca dijelaskan oleh pabrikan mirip dengan melihat halaman-halaman buku yang sebenarnya.

Sol Reader memiliki baterai built-in yang menyediakan waktu membaca sekitar 30 jam dengan sekali pengisian daya, yang sepertinya tidak banyak dibandingkan dengan pembaca e-book konvensional. Kapasitas penyimpanan dibatasi hingga 64 MB, tetapi headset terhubung secara nirkabel ke aplikasi seluler iOS atau Android yang memungkinkan file EPUB bebas DRM untuk disalin, jadi Anda tidak perlu menyimpan semua e-book Anda di dalamnya.

Saat ini, perangkat baca e-book ini masih dalam tahap pre-order dengan harga $350 atau setara Rp5,3 juta. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement