Advertisement

Ramah Lingkungan, Samsung Siapkan Skema Daur Ulang hingga Kebijakan Ini

Mediani Dyah Natalia
Senin, 18 September 2023 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ramah Lingkungan, Samsung Siapkan Skema Daur Ulang hingga Kebijakan Ini Perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini menghadirkan produk dengan materi daur ulang (Samsung)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASamsung turut melakukan upaya untuk membentuk perilaku penggunaan smartphone yang berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah elektronik yang setiap tahunnya semakin menumpuk. 

Menggunakan Materi Daur Ulang

Advertisement

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan salah satu yang diinisiasi Samsung adalah menghadirkan produk dengan menggunakan materi daur ulang  sejak perangkat Galaxy S22 Series dirilis pada 2022. Terkini, Samsung menghadirkan seri ponsel lipat.

Baca Juga: Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 Pakai Materi Daur Ulang Tiga Kali Lebih Banyak 

“Salah satu yang dilakukan Samsung adalah mengoptimalkan Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 dengan masa pakai yang lebih panjang dengan meningkatkan kemampuan upgrade perangkat hingga empat kali,” kata MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus dalam rilis, Senin (18/9/2023).

Perpanjang Masa Pakai

Produk itu, kata dia, dilengkapi dengan jaminan pembaruan keamanan selama lima tahun dan pembaruan sistem operasi hingga empat generasi, yang secara substansial memperpanjang masa pakai. Dengan demikian, pengguna dapat lebih tenang menikmati perangkat mereka dalam waktu lebih lama, memungkinkan mereka membuat pilihan yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Program Trade-In

Samsung juga mendukung pengguna Galaxy dalam memperpanjang umur pakai perangkat mereka melalui program Trade-In.

Baca Juga: Jajaran Samsung TV 2023, Menghadirkan Pengalaman Menonton Semakin Wow

Eco-Box

Samsung juga telah memperkenalkan Eco-Box di Samsung Service Center sebagai inisiatif untuk mengumpulkan ponsel yang sudah tidak digunakan, atau rusak oleh pelanggan.

 

Everyday Sustainability

Melalui divisi DX (Device eXperience), Samsung juga meluncurkan platform keberlanjutan yang disebut Everyday Sustainability. Platform ini bertujuan mengurangi dampak lingkungan dari produk-produk Samsung dan membantu lebih banyak orang menjalani gaya hidup yang berkelanjutan. Everyday Sustainability didasari pada tujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada akhir 2030.

 

Mobile eXperience

Sejalan dengan inisiatif ini, Samsung Mobile eXperience (MX) telah menetapkan serangkaian komitmen dalam visi internal mereka yang disebut "Galaxy for the Planet”. Pertama, Samsung berkomitmen untuk lebih banyak menggunakan bahan daur ulang dalam produk-produk mereka menjelang tahun 2025, dengan tujuan mengurangi penggunaan bahan-bahan baru dalam produksi mereka. Kedua, Samsung berusaha menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dalam kemasan produk mereka pada tahun 2025, menunjukkan tekad mereka dalam mengurangi dampak plastik terhadap lingkungan.

 

 Kemudian, Samsung memiliki rencana untuk mencapai konsumsi daya berdiri nol pada charger smartphone mereka pada 2025, dengan tujuan meningkatkan efisiensi energi produk-produk mereka.

 

Nol Limbah

Samsung bertujuan mencapai nol limbah yang dibuang ke tempat pembuangan sampah pada 2025, serta mengurangi dampak sampah elektronik pada lingkungan. Ini adalah bagian dari komitmen mereka untuk mengurangi limbah dan menjaga bumi kita dengan lebih baik.

 

“Samsung menyadari betapa pentingnya perhatian terhadap masalah lingkungan dan tanggung jawab sosial dalam setiap langkah yang kami ambil. Ini tercermin dalam inisiatif kami, yakni Galaxy for The Planet, di mana kami mengintegrasikan material daur ulang dalam inovasi produk kami, merancang kemasan yang lebih bersahabat dengan lingkungan, dan memperpanjang masa pakai produk untuk mengurangi dampak sampah elektronik,” tutup Verry.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement