Advertisement

Ternyata Ini Penyebab iPhone 15 Kerap Overheat

Taufan Bara Mukti
Minggu, 01 Oktober 2023 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Ternyata Ini Penyebab iPhone 15 Kerap Overheat iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru dipamerkan dalam acara 'Wonderlust' di Cupertino, California, AS, 12 September 2023. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Apple menyampaikan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi penyebab iPhone 15 lebih panas dari biasanya alias overheat.

Apple mengatakan bahwa ada kemungkinan terdapat bug dalam perangkat lunak sistem operasi iOS 17.

Advertisement

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu mengungkapkan bahwa masalah tersebut akan diperbaiki dalam pembaruan mendatang.

Pembaruan bug iOS 17 yang akan datang tidak akan mengurangi kinerja untuk mengatasi masalah suhu iPhone.

Setelah adanya keluhan bahwa iPhone baru terasa sangat hangat, Apple menyatakan bahwa perangkat tersebut mungkin terasa lebih hangat dalam beberapa hari pertama.

Hal itu lantaran iPhone 15 bekerja lebih keras "setelah mengatur atau mengembalikan perangkat karena aktivitas latar belakang yang meningkat."

"Masalah lain melibatkan beberapa pembaruan terbaru pada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan aplikasi tersebut mengganggu sistem," kata Apple.

BACA JUGA: Akhirnya, WhatsApp Versi Beta Hadir di iPad Apple

Apple menambahkan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk perbaikan yang sedang dalam proses untuk diluncurkan.

Aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah ini termasuk game Asphalt 9, Instagram milik Meta, dan Uber.

Instagram sudah memperbaiki masalah dengan aplikasinya di iPhone 15 pada 27 September lalu. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, mengatakan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max tidak mengalami masalah panas berlebihan karena desainnya.

Sebaliknya, cangkang baru berbahan titanium menghasilkan disipasi panas yang lebih baik dibandingkan dengan model baja tahan karat sebelumnya.

Apple juga mengatakan bahwa masalah overheat ini tak menimbulkan risiko keamanan dan tidak akan memengaruhi kinerja jangka panjang iPhone 15.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pengguna melaporkan bahwa iPhone 15 mengalami panas hingga 46,7 derajat Celcius saat digunakan dan dilakukan pengisian daya, bahkan setelah 24 jam pertama pemakaian.

Dikutip dari 9To5Mac, Selasa (26/9/2023), iPhone 15 semua model dikabarkan mengalami overheating (terlalu panas).

Beberapa pengguna juga melaporkan adanya masalah saat mengisi daya dengan koneksi kabel. "iPhone 15 Pro Max saya terlalu panas untuk disentuh saat pengisian daya cepat sekarang. Saya pikir orang-orang melebih-lebihkan, tetapi tidak, ini tidak bagus," kata salah satu pengguna iPhone 15, Ian Zelbo.

Menurutnya, sisi kiri dan sedikit bagian belakang di sisi kiri iPhone 15 adalah bagian terpanas ketika disentuh dalam kondisi pengisian daya.

Setelah persentase baterai melewati 70 persen, iPhone akan mendingin secara signifikan (masih panas, tetapi nyaman di tangan). "[Persentase baterai dari] 25-60 persen adalah yang terburuk sejauh ini [panasnya]," kata Zelbo.

Laporan lain menunjukkan adanya masalah lain pada iPhone 15 meskipun ponsel tersebut sedang tidak diisi daya.

Saat menggunakan ponsel untuk tugas yang relatif tidak banyak, seperti menjelajahi media sosial, ponsel menjadi lebih cepat panas.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement