Advertisement

Ada Penanak Nasi Bertenaga Koran di Jepang, Terbukti Efektif Saat Gempa Bumi Melanda

Lajeng Padmaratri
Kamis, 25 Januari 2024 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Ada Penanak Nasi Bertenaga Koran di Jepang, Terbukti Efektif Saat Gempa Bumi Melanda Di Jepang, ada penanak nasi atau rice cooker yang dirancang menggunakan tenaga koran sebagai pengganti gas dan listrik.

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Inovasi warga Jepang seolah tak ada habisnya. Baru-baru ini, banyak dibicarakan penanak nasi atau rice cooker yang dirancang menggunakan tenaga koran sebagai pengganti gas dan listrik.

Melansir Oddity Central, penanak nasi unik itu berasal dari Tiger KMD-A100 alias “Tiger Kamado”. Alat ini disebut-sebut telah terbukti sangat berguna selama gempa bumi yang melanda Jepang baru-baru ini.

Advertisement

BACA JUGA: Inovasi Unik Jepang, Ciptakan Tas yang Bisa Memanaskan Makanan

Tiger Kamado dulunya diejek oleh orang-orang yang tidak percaya pada narasi bahwa Anda bisa memasak nasi yang lembut dan empuk hanya dengan beberapa halaman koran sebagai sumber listriknya. Namun masyarakat Jepang tidak main-main dalam hal beras, dan gempa bumi yang mengguncang Jepang pada tanggal 1 Januari membuktikan betapa efisien dan efektifnya Tiger Kamado yang cerdik.

Seorang pria Jepang dari Semenanjung Noto yang terkena dampak gempa baru-baru ini melalui X (Twitter) mengklaim bahwa penanak nasi tersebut memberinya dan keluarganya makanan hangat pada saat gas dan listrik tidak tersedia. Padahal, tadinya ia mendapat respon negatif ketika membeli penanak nasi itu musim panas lalu.

Dalam unggahannya, pria tersebut menulis bahwa dia sering tertarik pada produk-produk aneh. Jadi ketika dia membaca tentang penanak nasi yang bisa memasak beberapa cangkir nasi hanya dengan beberapa halaman koran, dia tahu dia harus membelinya. Namun ketika Tiger KMD-A100 akhirnya tiba, keluarganya memarahinya karena membeli produk yang berat dan tidak berguna yang tidak dapat berfungsi seperti yang diiklankan. Namun kesan mereka berubah drastis setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Semenanjung Noto pada tanggal 1 Januari.

Ia dan keluarganya termasuk di antara 20.000 orang yang tinggal di tempat penampungan sementara tanpa listrik. Akhirnya, penanak nasi unik miliknya bekerja sebagaimana mestinya, menghasilkan nasi yang dimasak hampir sempurna untuk seluruh keluarga.

Postingan pria tersebut menjadi viral, dan kemanjuran penanak nasi tersebut dikonfirmasi oleh lusinan pengguna lain yang bersumpah demi Tiger Kamado selama instruksi dari pabriknya diikuti dengan benar.

BACA JUGA: Inovasi AC Portabel Dipasang di Pinggang Jadi Cara Jepang Lawan Cuaca Panas

Alat ini diklaim dapat menampung antara 1 hingga 5 cangkir nasi dan memerlukan jumlah halaman koran tertentu tergantung pada jumlah nasi yang dimasak.

Cara Kerja

Tiger KMD-A100 terdiri dari panci logam untuk nasi dan kompartemen pembakaran dengan dua lubang besar di bawah panci. Pengguna harus terlebih dahulu melipat halaman koran dengan cara tertentu dan kemudian memasukkannya ke dalam kompor secara bergantian pada interval tertentu untuk mendapatkan nasi yang matang sempurna. Betapapun anehnya penanak nasi bertenaga koran, jelas bahwa banyak pekerjaan dan pengujian yang dilakukan pada Tiger Kamado.

Untuk memasak tiga cangkir nasi, pengguna membutuhkan 9 halaman koran. Namun Anda tidak bisa begitu saja memasukkannya ke dalam kompartemen untuk membakarnya.

Pertama, Anda perlu melipat halaman secara diagonal, lalu menggulungnya menjadi bentuk silinder yang cukup tebal agar bisa masuk melalui kedua lubang. Bahkan, jika Anda menggulung kertas terlalu kencang rupanya memengaruhi cara kertas terbakar dan bisa menyebabkan nasi tidak matang dengan baik.

Setelah menambahkan beras dan air ke dalam panci rice cooker, masukkan salah satu halaman koran yang sudah digulung melalui salah satu dari dua lubang pembakar dan bakar. Segera setelah mulai gosong, Anda perlu menunggu 1,5 menit sebelum memasukkan halaman koran lain melalui lubang lainnya dan membakarnya. Setelah sembilan menit berlalu, turunkan interval antar halaman menjadi 1 menit. Jika Anda hanya memiliki satu halaman koran yang tergulung, tunggu 10 menit, lalu masukkan ke dalam kompor dan bakar. Tunggu lima menit lagi dan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

News
| Kamis, 22 Februari 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement