Advertisement

Samsung Galaxy S24 Series, Ponsel Berteknologi AI Mudahkan Content Creator dan Pekerja

Sirojul Khafid
Senin, 19 Februari 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Samsung Galaxy S24 Series, Ponsel Berteknologi AI Mudahkan Content Creator dan Pekerja Verry Octavianus - Screenshot (di email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Samsung meluncurkan produk terbarunya, Galaxy S24 Series. Dalam smartphone terbaru ini, sudah ada berbagai fitur yang memanfaatkan kecanggihan artificial intelligence (AI). Fitur AI di Galaxy S24 Series seperti Circle to Search, Generative Edit, Live Translate Call, Chat Assist, hingga Note Assist. Seluruhnya bisa memudahkan banyak kegiatan penggunanya, baik content creator maupun pekerja lainnya.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan dalam fitur Live Translate Call, pengguna Galaxy S24 Series bisa langsung mengubah bahasa dari lawan bicara atau chat sesuai bahasa yang diinginkan. Semisal pengguna smartphone ini berbincang melalui telepon dengan orang Jepang. Maka Bahasa Jepang yang masuk dalam telepon bisa diubah menjadi Bahasa Indonesia.

Advertisement

“Apapun jenis smartphone dari lawan bicara, pengguna Galaxy S24 Series bisa mengubah bahasanya. Bahasa yang kita terima menjadi bahasa yang kita mau,” kata Verry dalam acara Galaxy S24 Series Media Online Session secara daring, Senin (19/2/2024).

Adapula fitur Note Assistant, yang bisa memudahkan pengguna saat sedang rapat atau diskusi. Fitur ini memungkinkan smartphone merangkum isi rapat, diskusi, atau bahkan konten yang durasinya panjang. Tidak hanya itu, fitur memungkinkan adanya pembagian topik yang secara otomatis akan dipisah dalam beberapa folder. Apabila ingin membuat konten, dari rangkuman rapat atau diskusi bisa diubah menjadi materi konten sesuai style atau gaya yang diinginkan.

“Fitur ini bisa mencatat hasil meeting, bisa menyimpulkan apa yang kita bicarakan. Ada folder-folder sesuai klasifikasi berdasarkan topik,” katanya.

Baca Juga

Apple Ingin Kembangkan AI Menggunakan Materi Berita

Life2vec, Sistem AI yang Bisa Prediksi Waktu Kematian

UMY Akan Masukkan Mata Kuliah AI ke Semua Prodi

Sementara untuk fitur Circle to Search, dengan bantuan AI, pengguna bisa menandai potongan gambar untuk mendeteksi detail deskripsinya. Semisal dalam suatu foto terdapat gambar orang, sepatu, lampu, dan alam. Kita penasaran dengan jenis sepatu di foto tersebut. Dengan fitur Circle to Search, kita bisa memotong gambar sepatu dan akan langsung terhubung dengan Google. Kemudian Google akan menelusuri detail sepatu, mulai dari jenis, harga, sampai tempat penjualannya.

CEO Kata.ai, Irzan Raditya, mengatakan fitur ini cocok untuk orang yang ingin kepo atau tidak ingin ketinggalan trend. “Misal lagi jalan-jalan di Jepang, ada orang antre di depan resto, penasaran itu resto apa, pasang kamera terus motret dan pakai fitur Circle to Search, kemudian Google akan kasih jawaban. Ini bener-bener unlock possible, mudahkan kegiatan sehari-hari sebagai individu,” katanya.

Dari sisi kamera, untuk Galaxy S24 Ultra yang menjadi varian tertinggi dengan ultra-wide 12MP, lensa wide 200MP, lensa telefoto 50MP dengan zoom optik lima kali, serta lensa telefoto 10MP dengan tiga kali zoom optik. Serta kamera depannya berupa lensa 12MP.

Sementara untuk Galaxy S24 dan Galaxy S24+, terdapat tiga kamera belakang yaitu ultra-wide 12MP, lensa wide 50MP dan lensa telefoto 10MP. Samsung memberikan kamera depan dengan resolusi 12MP untuk kedua ponsel itu. Spesifikasi ini cocok untuk content creator membuat karya. Ada fitur yang memudahkan dalam pengeditan, slow motion otomatis, dan lainnya.

Galaxy S24 menggunakan layar FHD+ seluas 6,2 inci, lalu Galaxy S24 Plus menggunakan layar QHD+ 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra QHD+ 6,8 inci. Untuk kapasitas dayanya, Galaxy S24 memiliki baterai 4.000mAh, Galaxy S24+ 4.900mAh, dan Galaxy S24 Ultra sebesar 5.000mAh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus dengan Puluhan Penumpang Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Begini Kronologinya

News
| Rabu, 17 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement