Advertisement

Google Meluncurkan Versi Android 15, Bisa Tampilkan Informasi Kesehatan

Newswire
Minggu, 21 April 2024 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Google Meluncurkan Versi Android 15, Bisa Tampilkan Informasi Kesehatan Ponsel Android / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Google segera menyiapkan sistem operasi ponsel Android 15. Sistem operasi ponsel ini bakal hadir lebih canggih dengan meningkatkan informasi yang diberikan kepada pengguna.

Lewat temuan terbaru di Android Open Source Project diketahui lewat Android 15 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan ternyata Google menyertakan indikator informasi untuk kesehatan memori internal dari gawai berbasis Android.

Advertisement

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (20/4/2024) waktu setempat, menyebutkan fitur itu mirip dengan indikator di beberapa ponsel yang mampu menunjukkan kesehatan baterai, tetapi untuk fitur yang disertakan di Android 15 disiapkan untuk menunjukkan kesehatan dari perangkat penyimpnanan pengguna.

Temuan itu pertama kali diungkap oleh Android Authority pada Kamis (18/4/2024), mereka menampilkan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) baru dari Android 15 yang menunjukkan kemampuan menyediakan informasi kesehatan penyimpanan ke sistem operasi tersebut.

Saat ini, tidak ada cara untuk dengan mudah mengetahui berapa banyak keausan memori penyimpanan pada chip ponsel.

Padahal hal itu bisa menjadi informasi penting mengingat chip memori juga bisa aus seiring waktu, sama seperti komponen perangkat keras lainnya.

BACA JUGA: Pesan Presiden Jokowi pada Perayaan Hari Kartini 21 April

Dengan fitur di Android 15 itu dan apabila diluncurkan pada versi stabil, maka pengguna nantinya bisa mudah melihat persentase dan kesehatan dari perangkat penyimpanan internal di gawainya.

Adapun Google memanfaatkan informasi dari chip memori yang digunakan di masing-masing gawai dengan sebagian besar ponsel modern menggunakan jenis penyimpanan yang disebut UFS (penyimpanan flash universal).

Chip memori ini sebenarnya memiliki indikator bawaan berapa banyak penggunaan yang telah mereka miliki namun jarang diperlihatkan kepada pengguna.

Dengan pengembangan di Android 15, maka Google dapat mengakses informasi ini dan menerjemahkannya ke dalam persentase yang dapat dipahami dengan mudah. Informasi kesehatan penyimpanan itu saat ini memang masih dalam pengembangan, dan mungkin tidak tersedia di semua ponsel yang menjalankan Android 15.

Namun dapat dipastikan ponsel Pixel dari Google tentu bakal menjadi yang pertama mendukungnya. Setelah tersedia, nantinya pengguna gawai dapat mengetahui tentang berapa lama penyimpanan ponselnya bisa bertahan dan bekerja optimal sebelum mulai aus.

Fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk membuat pertimbangan apakah gawainya perlu ditingkatkan atau diganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement