Advertisement

Ternyata Memperbaiki Keyboard Laptop Bermasalah dapat Dilakukan dengan 10 Cara Ini

Muhammad Diva Farel Ramadhan
Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ternyata Memperbaiki Keyboard Laptop Bermasalah dapat Dilakukan dengan 10 Cara Ini Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Keyboard laptop menyatu dengan perangkat keras, sehingga jika terjadi masalah lebih sulit jika diganti. Mengganti sepenuhnya keyboard laptop juga dapat memakan biaya yang mahal. Untungnya, beberapa masalah pengetikan tidak selalu disebabkan oleh kegagalan perangkat keras, tidak memerlukan solusi yang memakan waktu atau mahal dan dapat diatasi dengan 10 cara ini.

Berikut cara memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak:

Advertisement

1. Pastikan

Pastikan terlebih dahulu masalah utama yang dialami memang kerusakan pada keyboard.

2. Identifikasi

Cara mengidentifikasinya adalah dengan menggerakkan kursor laptop, jika tidak bergerak maka laptop sedang mengalami gangguan, cobalah untuk restart laptop terlebih dahulu.

3. Keyboard Lock

Beberapa laptop terdapat fitur "Keyboard Lock", kemungkinan fitur ini tidak sengaja menyala. Jika masih tidak berfungsi, kemungkinan besar masalahnya pada keyboard Anda.

4. Update

Periksa update pada sistem. Terkadang, permasalahan pada laptop dikarenakan sistem yang belum terupdate dan sudah usang.

5. Khusus untuk Mac

Jika Anda memiliki laptop Mac, klik ikon Apple di sebelah atas kiri dan masuk ke App Store. Lalu klik pada opsi Updates, jika ada update yang tersedia, segera unduh.

Baca Juga

Cara Cek Serial Number Laptop

Tanda Laptop Diserang Virus

Segera Instal Ulang Laptop Anda, Jika Hal Ini Terjadi

6. Solusi untuk Windows 10

Jika di Windows 10, periksa update dengan mengklik tombol Start dan pilih Settings, lalu pilih opsi Update & Security dan klik Windows Update. BACA JUGA Ini 6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan Gampang Laptop yang sudah Windows 11, klik Start dan pilih Settings, lalu pilih Windows Update.

7. Drive di Windows

Bagi pemilik Windows, Anda bisa periksa driver untuk keyboard dengan cara membuka Device Manager.

8. Periksa Settings

Di Windows 10, klik ikon keyboard di pojok kanan bawah layar, lalu pilih tata letak keyboard alternatif dari daftar. Jika ikon tidak muncul, buka Settings dan pilih Personalization. Selanjutnya pilih Taskbar, pilih Aktifkan atau nonaktifkan ikon sistem, lalu aktifkan Indikator input.

9. Sistem Mac

Di Mac, klik ikon Apple di pojok kanan atas dan pilih System Settings. Lalu scroll ke bagian bawah kolom sebelah kiri dan pilih Keyboard.

10.Tata Letak

Untuk menambahkan tata letak keyboard baru di Windows 11, klik Mulai dan pilih Settings, lalu pilih Time & Language. Jika cara-cara tadi masih belum berfungsi, coba untuk menyambungkan eksternal keyboard dan sambungkan via kabel atau Bluetooth. Gunakan cara itu sebagai solusi sementara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement