Advertisement

Tandingi Mega Proyek Rp1.600 Triliun Microsoft, Elon Musk Pengin Bikin Superkomputer

Rika Anggraeni
Minggu, 26 Mei 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tandingi Mega Proyek Rp1.600 Triliun Microsoft, Elon Musk Pengin Bikin Superkomputer Elon Musk - Royal Society - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tandingi mega proyek Microsft dan OpenAI, CEO X, Elon Musk, menyatakan perusahaan rintisan miliknya di bidang kecerdasan buatan, yaitu chatbot xAI berencana membuat superkomputer.

Pada April 2024, menurut laporan dari The Information, Microsoft dan OpenAI ingin membangun superkomputer senilai US$100 miliar atau Rp 1.600 triliun yang dinamai "Stargate," untuk menggerakkan model-model OpenAI. Belanja modal untuk pusat data bisa mencapai US$115 miliar, lebih dari dua kali lipat pengeluaran normal untuk pusat data Azure, chip, dan peralatan jaringannya.

Advertisement

The information, dikutip dari Reuters pada Minggu (26/5/2024), Elon Musk yang juga merupakan pendiri SpaceX membutuhkan 100.000 semikonduktor khusus untuk melatih dan menjalankan versi terbaru dari AI Grok dengan sentuhan superkomputer. Dalam presentasinya di hadapan investor pada Mei, Elon Musk ingin superkomputer tersebut dapat beroperasi pada musim gugur 2025 mendatang.

Baca Juga

Kolaborasi Truecaller-Microsoft Memungkinkan Anda Jawab Telepon Pakai Suara AI

CEO Microsoft Disebut Bakal ke Indonesia Bahas Investasi, Menkominfo: Akhir Bulan Ini

Rasakan Fitur Komunitas Terbaru dari X

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa xAI dapat bermitra dengan Oracle untuk mengembangkan superkomputer tersebut. Untuk membuat chatbot ini, Elon Musk mengungkapkan bahwa xAI berencana merangkai semua chip ini menjadi satu komputer besar. Dia menyebutnya sebagai pabrik komputasi raksasa atau gigafactorykomputasi.

Ketika selesai, chatbot yang dibekali GPU Nvidia H100 ini akan berukuran empat kali lebih besar dari GPU terbesar yang ada saat ini. Adapun awal tahun ini, Musk mengatakan pelatihan model Grok 2 membutuhkan sekitar 20.000 GPU Nvidia H100. Nantinya, model Grok 3 dan seterusnya akan membutuhkan 100.000 chip Nvidia H100. Perlu diketahui, Elon Musk mendirikan xAI tahun lalu sebagai pesaing OpenAI yang didukung Microsoft dan Google Alphabet. Musk juga ikut mendirikan OpenAI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement