Advertisement

3 Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Gmail yang Penuh

Redaksi
Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:07 WIB
Ujang Hasanudin
3 Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Gmail yang Penuh email - gmail

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyimpanan layanan email Gmail gratis memang terbatas sehingga cepat penuh. Untuk memaksimalkan penyimpanan Gmail ada cara mudah yang bisa dilakukan.

Tidak semua pengguna memanfaatkan fitur-fitur ini secara maksimal sehingga penyimpanannya mudah penuh. Gmail memiliki beberapa fitur yang dapat Anda terapkan untuk dengan mudah menghapus sampah dan pesan-pesan yang tidak perlu lagi disimpan.

Advertisement

Berikut adalah beberapa fitur Gmail yang dapat Anda optimalkan untuk menjaga kotak masuk Anda tetap teratur dan efisien.

1. Berhenti Berlangganan Buletin yang Tidak Diinginkan

Anda mungkin sering kali tanpa sadar mendaftar untuk menerima email promosi. Setiap kali Anda membuat akun di situs web pihak ketiga, jika tidak berhati-hati, Anda mungkin secara otomatis menyetujui untuk menerima pesan-pesan di masa mendatang dari perusahaan tersebut.

Jika situs tersebut adalah platform belanja online atau perusahaan yang menjual sesuatu, Anda kemungkinan akan menerima email lebih sering daripada yang Anda inginkan.

Untuk berhenti menerima pesan email di masa mendatang dari perusahaan tertentu, Anda dapat dengan mudah berhenti berlangganan dari daftar email mereka. Jika Anda menggunakan Gmail di iPhone, email pemasaran biasanya memiliki tombol Berhenti Berlangganan tepat di sebelah alamat email pengirim saat Anda membuka pesan tersebut.

BACA JUGA: KAI Diskon Tiket Kereta Api pada Masa Libur Sekolah, Cek Ketentuannya!

Di ponsel Android, Anda perlu membuka email dan mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan atas halaman untuk menemukan opsi Berhenti Berlangganan.

2. Cari dan Hapus e-Mail Promosi yang Anda Baca

Langkah selanjutnya adalah menghapus pesan-pesan promosi yang mungkin pernah Anda buka sebelumnya dan lupa menghapusnya. Pesan-pesan ini mudah terabaikan dan dapat terakumulasi hingga ratusan atau bahkan ribuan jika dibiarkan terlalu lama.

Bilah pencarian Gmail yang sangat berguna akan menjadi alat utama Anda dalam membersihkan email-email lama. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus email promosi yang sudah dibaca.

Pertama, identifikasi situs web tempat Anda sering mengonsumsi konten. Ini bisa berupa platform belanja seperti Costco, aplikasi media sosial seperti LinkedIn, atau buletin Pinterest dan Google Alerts. Ketikkan parameter pencarian berikut ke dalam bilah pencarian Gmail: is:read from:Pinterest

Parameter ini akan menampilkan setiap email dari Pinterest yang sudah Anda buka dan tinggalkan di kotak masuk Anda. Gantilah "Pinterest" dengan situs atau layanan lain yang relevan untuk mencari email dari sumber tersebut.

3. Hapus Lampiran yang Memakan Penyimpanan Internal

Langkah ini tidak hanya membantu menjaga kotak masuk Anda tetap teratur dan terkini, tetapi juga membebaskan ruang penyimpanan Gmail yang berharga. Untuk mempercepat proses ini, Anda dapat menargetkan pesan yang memiliki lampiran berukuran besar.

Langkah-Langkah Menghapus Email dengan Lampiran Besar:
Buka tab baru di browser Anda, pergi ke gmail.com, dan masuk jika diperlukan. Setelah masuk, kunjungi pengelolaan penyimpanan Gmail. Pilih "Emails with large attachments": Pastikan "Emails with large attachments" (Email dengan lampiran besar) dipilih di bagian atas daftar.

Setelah Anda mengamankan salinan file, Anda dapat menghapus email tersebut dari Gmail dengan mengklik ikon tempat sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berkas Lengkap, Kasus Pencemaran Lingkungan Taman Nasional Karimunjawa Segera Disidangkan

News
| Kamis, 13 Juni 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement