Advertisement

OpenAI Siap Membalap Google dengan Mesin Pencari Berbasis AI

Rika Anggraeni
Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:17 WIB
Maya Herawati
OpenAI Siap Membalap Google dengan Mesin Pencari Berbasis AI Mesin pencari AI - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Organisasi penelitian kecerdasan buatan OpenAI segera meluncurkan mesin pencari berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), SearchGPT.

SearchGPT digadang-gadang bakal menyaingi Google ini punya akses real-time ke informasi di Internet.  

Advertisement

Berdasarkan unggahan blog resminya, dikutip pada Jumat (26/7/2024), OpenAI tengah menguji SearchGPT, prototipe sementara dari fitur pencarian AI baru yang memberikan jawaban cepat dan tepat waktu dengan sumber yang jelas dan relevan.

“Kami sedang menguji SearchGPT, prototipe fitur pencarian baru yang dirancang untuk menggabungkan kekuatan model AI kami dengan informasi dari web untuk memberi Anda jawaban yang cepat dan tepat waktu dengan sumber yang jelas dan relevan,” jelasnya, Jumat (26/7/2024).

Namun, OpenAI menjelaskan bahwa prototipe ini bersifat sementara. Ke depan, perusahaan berencana untuk mengintegrasikan yang terbaik dari fitur-fitur ini secara langsung ke ChatGPT.

OpenAI menekankan bahwa perusahaan berkomitmen untuk ekosistem penerbit dan pencipta. Hal ini seiring dengan kerja sama OpenAi dengan penerbit.

“Kami berharap dapat membantu pengguna menemukan situs dan pengalaman penerbit, sambil membawa lebih banyak pilihan untuk mencari,” ungkapnya.

BACA JUGA: Apple Akan Rilis iPhone Lipat, Ini Respons Samsung

Lebih lanjut, SearchGPT dirancang untuk membantu pengguna terhubung dengan penerbit dengan mengutip dan menautkannya secara jelas dalam pencarian. Alhasil, pengguna bisa mengetahui dari mana informasi berasal.

Di samping itu, pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan lanjutan, layaknya yang dilakukan dalam percakapan dengan seseorang.

Melansir dari The Verge, mesin pencari SearchGPT dimulai dengan kotak teks besar yang menanyakan pengguna "Apa yang Anda cari?". Dalam satu contoh dari OpenAI, mesin pencari merangkum temuannya di festival musik dan kemudian menyajikan deskripsi singkat tentang acara yang diikuti dengan tautan atribusi.

“Layanan ini didukung model GPT-4 dan hanya akan dapat diakses oleh 10.000 pengguna uji saat peluncuran,” kata juru bicara OpenAI Kayla Wood kepada The Verge.

Wood mengatakan bahwa OpenAI bekerja dengan mitra pihak ketiga dan menggunakan umpan konten langsung untuk membangun hasil pencariannya. Tujuannya, untuk akhirnya mengintegrasikan fitur pencarian langsung ke ChatGPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement