Advertisement

Fenomena Supermoon Biru Terjadi Besok Senin 19 Agustus 2024

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Agustus 2024 - 16:37 WIB
Sunartono
Fenomena Supermoon Biru Terjadi Besok Senin 19 Agustus 2024 Bulan purnama terbesar dan paling terang pada tahun 2024 akan muncul besok, 19 Agustus. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bulan purnama terbesar dan paling terang pada tahun 2024 akan muncul besok, 19 Agustus. Bulan purnama di bulan Agustus biasanya disebut "Bulan Sturgeon", akan tetapi bulan ini juga merupakan supermoon biru. Sturgeon Moon, pada titik penuhnya pada 19 Agustus pukul 14:25. EDT, disebut bulan biru karena kekhasan astronominya.

Dilansir dari livescience, ada dua jenis bulan biru, bulan biru bulanan (bulan purnama kedua dalam satu bulan) dan bulan biru musiman (bulan purnama ketiga dari empat bulan purnama pada musim astronomi yang sama). Sejak titik balik matahari musim panas pada tanggal 20 Juni, telah terjadi bulan purnama pada tanggal 22 Juni dan 21 Juli.

Advertisement

BACA JUGA : Termometer sampai Tak Berfungsi, Ini 10 Tempat Terdingin di Bumi

Bulan Sturgeon pada tanggal 19 Agustus dan bulan purnama berikutnya, Harvest Moon, pada tanggal 18 September akan terjadi sebelum titik balik matahari pada tanggal 22 September. . Bulan biru jenis apa pun terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali, menurut NASA. Bulan biru musiman terakhir terjadi pada Oktober 2020 dan Agustus 2021, dan bulan biru musiman berikutnya akan terjadi pada Mei 2027.

Paling baik terlihat terbit di atas ufuk timur saat bulan terbit pada hari Senin, Sturgeon Moon juga akan tampak cerah dan penuh pada hari Minggu dan Selasa. Teropong pengamatan bintang dan teleskop di halaman belakang tidak diperlukan untuk menikmati bulan purnama, namun dapat membantu mengungkap detail permukaan bulan yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Nama bulan purnama di bulan Agustus diambil dari nama ikan sturgeon yang ditemukan di Great Lakes sepanjang tahun ini, menurut timeanddate.com. Orang Anishinaabeg menyebut bulan Agustus Minoomini Giizis, yang berarti "Bulan Gandum (Beras Liar)," menurut Pusat Studi Penduduk Asli Amerika.

Bulan purnama bulan ini juga merupakan supermoon akibat orbit bulanan bulan mengelilingi bumi yang tidak berbentuk lingkaran sempurna. Setiap bulan, bulan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi yang disebut perigee. Jika perigee bertepatan dengan bulan purnama maka terjadilah supermoon.

BACA JUGA : Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Akan ada empat supermoon pada tahun 2024, dimulai dengan Sturgeon Moon. Bulan purnama terdekat dalam setahun adalah Hunter's Moon pada tanggal 17 Oktober. Bulan purnama berikutnya adalah Harvest Moon pada tanggal 17 September. Selain menjadi salah satu bulan purnama paling terkenal tahun ini, bagian dari bulan purnama Harvest Moon 2024 akan melewati bayangan bumi pada malam hari, menyebabkan sebagian gerhana bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement