Advertisement

Menjajal Sony RX100 VI, Kamera Saku dengan Zoom 200 Kali Lebih Dekat

Dhiany Nadya Utami
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 05:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Menjajal Sony RX100 VI, Kamera Saku dengan Zoom 200 Kali Lebih Dekat Kamera saku Sony RX100 VI dengan fitur 200 kali zoom - Sony

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Banyak traveller yang rela repot-repot membawa kamera profesional agar pengalaman mereka selama perjalanan bisa diabadikan dengan sempurna. Bagi mereka, kamera canggih ponsel pintar dengan kualitas gambar terbatas tidak memadai.

Sayangnya, seringkali penggunaan kamera profesional tidak ringkas karena harus diatur sedemikian rupa agar mendapat setelan yang pas dengan suasana. Belum lagi bodinya yang kadang besar dan berat sehingga menyulitkan untuk dibawa-bawa.

Advertisement

Melihat kondisi tersebut, pabrikan asal Jepang, Sony, merasa potensi pasar kamera kompak masih terbuka lebar. Pasalnya, meski kini kamera mirrorless sedang naik daun dan kamera DSLR juga belum terlalu ditinggalkan, selalu ada ruang untuk kamera kecil berkualitas layaknya profesional.

Baru-baru ini Sony menawarkan kamera kompak dari lini premiumnya yakni Sony RX100 VI. Meski sekilas kamera generasi keenam ini tampak serupa dengan pendahulunya tapi Sony RX100 VI dibekali dengan lensa yang jauh lebih andal.

Sony menyebut RX100 VI sebagai kamera saku dengan kemampuan layaknya kamera profesional. Berukuran hanya sebesar telapak tangan, Sony RX100 VI merupakan model pertama di lini RX100 yang menggunakan high-magnification zoom lens.

Dilengkapi dengan lensa ZEISS Vario-Sonnar T 24-200mm F2.8 – F4.5 yang mengunggulkan kemampuan zoom hingga 200 kali. Kemampuan tersebut menggabungkan kekuatan jarak titik api (focal length) 4-70mm dan 70-200 mm menjadi desain terpadu yang praktis.

Jadi pengguna dapat mengambil gambar yang jelas dari jarak yang cukup jauh tanpa khawatir kualitas gambar akan menurun drastis. Sony RX100 VI mampu mencitrakan gambar yang tetap jernih meski dimaksimalkan pada perbesaran 200 kali.

Plus, berkat desain unik dua elemen gelas asferis ED (extra-low dispersion) dan delapan elemen lensa asferis termasuk empat lensa advanced aspherical, Sony RX100 VI dapat menghasilkan gambar yang tajam dari ujung ke ujung pada semua jarak titik api. Kemampuan yang dapat disandingkan dengan kamera profesional dari lini mirrorless atau DSLR.

Lensa Sony RX100 VI juga telah dilengkapi dengan stabilisasi gambar Optical SteadyShotTM setara dengan kecepatan shutter 4.0-stop untuk membantu menghindari gerakan kamera atau foto baur, bahkan pada kondisi minim cahaya atau pembesaran telefoto. Ini pas untuk melakukan fotografi alam bebas ketika berwisata, misalnya.

Autofokus Kilat

Selain itu, untuk mendukung pengambilan gambar secara cepat, Sony RX100 VI diklaim memiliki autofokus tercepat dengan sistem Fast Hybrid AF yang memungkinkan kamera mengunci fokus hanya dalam waktu 0,03 detik.

Sistem tersebut menggabungkan keunggulan 315 titik deteksi AF fase bidang lokal yang mencakup hampir 65% dari sensor dan deteksi-kontras AF. Fokus berkecepatan tinggi ini memastikan semua subjek dapat ditangkap dengan detail yang tinggi.

Misalnya, saat pengguna mengarahkan kameranya dari satu subjek ke subjek lainnya, atau si subjek berada dalam kondisi terus menerus bergerak, kamera tetap dapat mengambil fokus dengan cepat sehingga pengguna tak akan kehilangan momen.

Untuk semakin mempermudah pencarian fokus, kamera ini dilengkapi dengan Sony High-density Tracking AF yang memfokuskan titik AF di sekitar subjek plus teknologi Eye AF yang dapat mengunci fokus dengan mengikuti pergerakan mata subjek.

Untuk mempermudah kuncian fokus secara manual, pengguna dapat memanfaatkan layar sentuh LCD dan papan sentuh untuk mengatur titik fokus sesuai keinginan. Layarnya juga dapat diputar 180 derajat dan 90 derajat sehingga pengguna dapat mengambil gambar dengan sudut yang bervariasi.

Bagi yang suka mengabadikan kegiatannya dengan blogging video alias vlogging, Sony RX100 VI juga bisa jadi pilihan tepat. Kamera ini telah memiliki kemampuan perekaman video berkualitas 4K yang menggunakan pembacaan piksel secara penuh tanpa pixel binning untuk memastikan ketelitian dari video yang diambil minim moire (efek gelombang pada gambar yang mengandung garis atau warna berulang) dan jaggies (efek titik piksel bertingkat pada garis).

Ada pula berbagai fitur video kaliber profesional, termasuk S-Log3/S-Gamut3, 120p Full HD mode, Picture Profile, dan proxy recording. Menariknya, Sony RX100 VI juga mampu merekam video gerak lambat pada 240 fps, 480 fps, atau paling tinggi 960 fps.

Sony RX 100 VI ini kabarnya akan tersedia di Indonesia pada akhir bulan Agustus 2018 mendatang dengan banderol Rp16.999.000. Untuk kualitas yang amat mumpuni serta harga yang cukup tinggi, rasanya kamera satu ini cocok untuk mereka yang sebelumnya telah memiliki kamera profesional dan ingin menambah perangkat mereka dengan sesuatu yang ringkas tapi tetap cerdas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement