Advertisement

Gara-Gara Corona, Penerapan Standar Emisi Euro 4 Kendaraan Diesel Terpaksa Ditunda

Dionisio Damara
Jum'at, 03 Juli 2020 - 00:17 WIB
Sunartono
Gara-Gara Corona, Penerapan Standar Emisi Euro 4 Kendaraan Diesel Terpaksa Ditunda Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi (kiri) menyerahkan plakat komitmen penerapan standar Euro 4 kepada Menteri Perindustrian (ketika itu) Airlangga Hartarto, Kamis (2/8/2018). - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian sebagai penjaga sektor hulu industri otomotif terus mendorong pabrikan untuk menghasilkan produk berkualitas standar Euro 4. Namun, penerapan standar emisi tersebut terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyebutkan bahwa ada empat faktor yang memengaruhi penundaan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel.

Advertisement

Faktor pertama adalah impor komponen dan suku cadang kendaraan Euro 4 dari negara-negara calon pemasok yang saat ini belum pulih dari dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Mobil Bermesin Diesel Semakin Tak Diminati 

Kedua, antre pengujian emisi Euro 4 karena fasilitas pengujian yang terbatas untuk pengujian kendaraan diesel lebih kurang 3,5 ton. Sementara itu, pengujian kendaraan diesel di atas 3,5 ton dilakukan di luar negeri, seperti di Jepang dan Jerman.

“Kebijakan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Indonesia dan negara-negara yang memiliki fasilitas pengujian emisi Euro 4, juga menambah waktu antrean ataupun proses pengujian kendaraan Euro 4,” ujar Ardika kepada Bisnis, Kamis (7/2/2020).

Faktor ketiga adalah pemenuhan kebutuhan tenaga ahli untuk pengembangan teknologi Euro 4 baik dari sisi produksi maupun uji coba mengalami kendala karena pandemi Covid-19.

Keempat, tambahan teknologi standar baku mutu emisi Euro 4 berdampak terhadap harga kendaraan sehingga dikhawatirkan tidak terserap oleh pasar yang daya belinya sedang menurun. 

BACA JUGA : Mesin Diesel Mobil Indonesia Tak Standar Global, Karena Ini

Selain itu, stok kendaraan diesel sebelum dan selama periode wabah virus corona juga membutuhkan waktu untuk dijual ke konsumen domestik dan ekspor.

Ardika mengatakan bahwa berdasarkan analisis atas kondisi tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyetujui untuk menunda pemberlakukan standar baku mutu Euro 4 untuk kendaraan diesel selama setahun, dari semula 7 April 2021 menjadi 7 April 2022.

“Penundaan implementasi ini diharapkan dapat memberi kesempatan bagi seluruh stakeholder untuk melakukan persiapan secara maksimal sehingga nantinya Euro 4 mesin diesel dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar kendaraan bermotor domestik dan ekspor,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement