Advertisement

Waspada! Iklan Pop-Up Ini Bisa Curi Data Pribadi lewat Smartphone

Rahmi Yati
Senin, 11 April 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Waspada! Iklan Pop-Up Ini Bisa Curi Data Pribadi lewat Smartphone Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Adware merupakan iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di smartphone atau saat membuka sebuah link website. Ternyata bukan saja menganggu aktivitas pencarian atau berselancar, iklan ini juga berpotensi mencuri data-data pribadi.

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (11/4/2022), Adware atau Advertising supported software merupakan perangkat lunak yang mendistribusikan iklan online secara otomatis dan biasanya berujung pada menginstall aplikasi tanpa izin.

Advertisement

Adapun penyebab utama kemunculan Adware ini adalah karena aktivitas pengguna sendiri. Seperti mengaktifkan aplikasi ilegal atau asal klik iklan di website.

Kemunculan iklan pop-up ternyata membawa banyak hal buruk bagi pengguna smartphone. Selain mengganggu, iklan ini juga berpotensi mencuri data pribadi hingga mengindikasikan ponsel tengah disusupi.

BACA JUGA: Tips Belanja Online yang Aman dan Hemat Jelang Lebaran

Pop-up yang muncul terus menerus ternyata merupakan salah satu indikasi ponsel terinfeksi Adware. Sebab, Adware adalah salah satu bentuk malware yang memaksa perangkat untuk membuka laman tertentu yang mengarah pada revenue melalui klik untuk iklan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari Adware tersebut. Di antaranya, jangan asal meng-klik iklan atau link di sebuah situs.

Kemudian, selalu ingat untuk menginstall aplikasi hanya melalui Google Play, App Store, atau tempat resmi lainnya dan menghapus aplikasi mencurigakan dari ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement